Rel Terendam Banjir, Kereta Api Tak Bisa Sampai ke Stasiun Semarang

Rel yang terendam di Semarang membuat perjalanan kereta api terganggu.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Semarang – Banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah menyebabkan sejumlah titik jalur rel kereta api terendam air. Alhasil, sejumlah kereta api tidak sampai di Stasiun Semarang Tawang maupun Semarang Poncol. 

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang pun mengalihkan perjalanan kereta api dengan memutar dari jalur utara Jawa ke jalur selatan Jawa.

"Ini imbas terjadinya banjir atau genangan air di beberapa titik jalur rel di wilayah Daop 4 Semarang," ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, Kamis, 14 Maret 2024.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ilustrasi kereta api.

Photo :
  • VIVA/Dwi Royanto

Ia merinci, ada 3 genangan air banjir yang merendam rel di wilayah Daop 4 Semarang yaitu di petak Jalan Semarang Tawang-Alastua, petak Jalan Semarang Tawang-Semarang Poncol, dan petak Jalan Mangkang-Kaliwungu.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Kondisi per Kamis, 14 Maret 2024, pukul 00.30 WIB, jalur KA pada 3 titik tersebut tergenang air dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel, sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan kereta api.

"Ini berdampak pada perubahan pola operasi beberapa KA di lintas utara Jawa,” kata Franoto.

Sejumlah perjalanan kereta api mulai pukul 00.30 WIB pada lintas utara Jawa, akan diputar perjalanannya melalui jalur selatan Jawa atau lewat jalur Solo. Adapun daftar KA yang mengalami perubahan pola operasi adalah:

1. KA 4 Argo Bromo Anggrek, yang semula berelasi dari Jakarta-Semarang-Surabaya diputar perjalanannya menjadi Jakarta-Tegal-Prupuk-Purwokerto-Surabaya.

2. KA 77F Pandalungan, yang semula berelasi Jember-Surabaya-Semarang-Jakarta diputar perjalanannya menjadi Jember-Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta.

3. M KA 57 Brawijaya, yang semula berelasi Malang-Solo-Semarang-Jakarta diputar perjalanannya menjadi Malang-Solo-Prupuk-Purwokerto-Jakarta.

4. KA 3 Argo Bromo Anggrek, yang semula berelasi dari Surabaya-Semarang-Jakarta diputar perjalanannya menjadi Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta.

"KAI meminta maaf karena imbas perjalanan terganggu," kata Franoto.

Bagi para penumpang yang terimbas perjalanan kereta api, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan KA akibat banjir yang saat ini sedang terjadi.

KAI akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100 persen, tidak termasuk biaya pesan, bagi mereka yang terdampak.

Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya