Pemerintah Siapkan Tiga Pelabuhan untuk Mudik Lebaran 2024

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Menuju Pelabuhan Bakuheni
Sumber :
  • Yandi Deslatama (Serang)

BantenPemerintahan menyiapkan tiga pelabuhan di Banten, untuk mengangkut penumpang dari Pulau Jawa ke Sumatera, saat arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024/1445 Hijriyah.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Pelabuhan Ciwandan milik Pelindo di Kota Cilegon, dikhususkan pemudik sepeda motor. Selanjutnya, Pelabuhan Merak untuk mengangkut kendaraan roda empat, bus dan sembako.

Khusus kendaraan besar, terutama golongan VIII dan IX, bakal menyeberangi Selat Sunda melewati Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Di Bojonegara milik swasta, tapi khusus golongan 8 dan 9. Di Merak angkutan penumpang, dan di Ciwandan sepeda motor," ujar Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan, Hendro Sugianto di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten pada Kamis, 14 Maret 2024.

Para pemudik yang mengendarai sepeda motor memadati Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, pada Selasa malam, 18 April 2023.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama
Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Untuk menyeberangi Selat Sunda dari Pelabuhan Ciwandan dan Merak, tetap membeli tiket melalui Ferizy. Nantinya, aplikasi tersebut akan memilah secara otomatis, kendaraan yang diperbolehkan melalui Pelabuhan Ciwandan milik Pelindo atau melewati Merak milik PT ASDP Indonesia Ferry.

Masyarakat yang akan mudik menyeberangi Selat Sunda, diminta membeli tiket H-1 sebelum keberangkatan. "Masyarakat H-1 itu harus sudah membeli tiket, karena untuk kelancaran dalam arus mudik di pelabuhan. Ketika H-1 sudah tahu jumlah pemudik, maka antisipasi lebih mudah dilakukan di pelabuhan," terangnya.

Khusus di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, disiapkan lima unit kapal untuk mengangkut kendaraan golongan VIII dan IX setiap harinya.

"Disana disiapkan 5 kapal untuk mengangkut kendaraan golongan VIII dan IX, yang setiap harinya mengangkut 600 kendaraan setiap harinya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya