Menko Polhukam Ungkap Situasi Pascapemilu 2024: Secara Umum Masih Aman Terkendali

Minister Hadi Tjahjanto (Setkab.go.id)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan situasi usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih tergolong kondusif dan aman terkendali.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Hal itu disampaikan Hadi usai memimpin rapat koordinasi (rakor) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Secara umum, situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali," kata Hadi dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret 2024.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Hadi Tjahjanto dilantik Jokowi jadi Menko Polhukam.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Hadi menyebutkan, tahapan Pemilu 2024 masih terus berjalan. Pihaknya pun masih memantau tahapan Pemilu yang memasuki proses rekapitulasi tingkat nasional hingga pengumuman resmi dari KPU RI.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

"Ini tahapan Pemilu 2024 masih berjalan dan kita terus memantau tahapan Pemilu yakni rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilu oleh KPU," ujarnya.

Lebih lanjut, dia pun mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga situasi usai Pemilu 2024 ini. Menurut Hadi, keberhasilan penyelenggaraan Pemilu ada di tangan pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Untuk itu kita bersama-sama hendaknya mengamankan proses demokrasi yang sedang berjalan ini dan ikut juga menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan agar tetap kondusif dan terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat," kata Hadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya