KPU Sebut Penetapan Hasil Pemilu 2024 Kemungkinan Malam Ini, Setelah Buka Puasa

KPU menggelar rapat pleno rekapitulasi suara tingkat nasional Pemilu 2024
Sumber :
  • KPU

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan penetapan hasil Pemilu 2024 kemungkinan dilakukan pada Rabu, 20 Maret 2024 malam ini setelah waktu berbuka puasa. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Mungkin kalau waktu definitifnya kemungkinan pasca, kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah puasa ya, waktu berbuka, semacam itu," kata anggota KPU RI, August Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. 

Sejauh ini, Mellaz mengatakan tersisa dua provinsi yang belum dilakukan rekapitulasi yaitu Papua dan Papua Pegunungan. Rencananya, rekapitulasi akan dimulai dari Provinsi Papua Pegunungan lalu dilanjutkan ke Provinsi Papua.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Untuk Provinsi Papua Pegunungan kemungkinan akan duluan dan kemudian Papua induk karena semalam Papua Pegunungan itu sampai di Jakarta pukul 03.00 WIB dini hari. Kemudian, Papua Induk baru siang ini dan langsung ke Kantor KPU," ucap dia. 

KPU menggelar rapat pleno rekapitulasi suara tingkat nasional Pemilu 2024

Photo :
  • KPU
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Mellaz melanjutkan, setelah rekapitulasi 38 provinsi rampung maka pihaknya akan lanjut melakukan pencermatan dan pemeriksaan dokumen yang dibutuhkan sebelum mengumumkan hasil Pemilu 2024.

"Nanti mungkin akan ada kebutuhan waktu kami untuk melakukan pencermatan ataupun pemeriksaan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, karena sebagaimana disampaikan oleh Ketua KPU semalam, nanti penetapan itu SK-nya secara keseluruhan," pungkas Mellaz.

Istimewa

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Anies Baswedan mengaku bahwa dirinya tidak mau berandai-andai soal tawaran menteri dari Presiden terpilih Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024