240 Hektare Lahan di Natuna Terbakar, Kabut Asap Ganggu Lalu Lintas

Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan
Sumber :
  • Antara

Natuna – Lahan seluas 240 hektare di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau terbakar hingga mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas di sekitar lokasi.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Raja Darmika, menyatakan melalui panggilan telepon dari Natuna pada hari Kamis bahwa peristiwa terjadi di Desa Gunung Putri, Kecamatan Bunguran Batubi pada hari Rabu 20 Maret 2024.

Ilustrasi kebakaran hutan di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur.

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Dia menyatakan bahwa meskipun tim pemadam kebakaran telah berupaya untuk memadamkan api, keterbatasan peralatan membuatnya sulit untuk dipadamkan.

Sebagai konsekuensi dari insiden tersebut, dia melaporkan bahwa lalu lintas harus dihentikan sementara karena kabut asap mengganggu jarak pandang.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

"Api sudah jauh dan harus dilakukan pemadaman dengan membuat pembatas atau bomber," ujar dia dikutip dari Antara Kamis, 21 Maret 2024 siang.

Ia menduga kebakaran dikarenakan adanya aktivitas warga yang membuka lahan dengan cara dibakar. Darmika mengatakan, hingga kini masih ada titik api yang belum padam dan berpotensi meluas ke arah barat dan utara.

"Kondisi saat ini masih berkabut," katanya.

Ilustrasi petugas memadamkan kebakaran hutan dan lahan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Dia mengungkap tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Semenjak kejadian, penduduk sekitar diminta untuk membatasi kegiatan di luar ruangan dan selalu menggunakan masker untuk menjaga kesehatan.

Dia menyatakan bahwa hingga saat ini, belum ada penentuan resmi terkait status kejadian tersebut. Penentuan status baru akan diambil setelah pihaknya mengadakan rapat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya