Irjen Aan Ibaratkan Mudik RI Setara Eksodus Besar-besaran Warga di 5 Negara Eropa Ini

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan
Sumber :
  • Korlantas Polri

Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan mengatakan jumlah pemudik musim Lebaran tahun ini ada 71 persen lebih setara dengan 193,6 juta orang.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Hal itu diungkapnya dalam akun Instgram resmi dia @aan.suhanan67 ketika menjawab pertanyaan netizen. Aan mengatakan, jumlah pemudik tahun ini setara dengan jumlah warga di beberapa negara Eropa.

"Jadi menurut riset yang kita lakukan bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan perhubungan tahun ini masyarakat Indonesia yang akan menjalankan mudik ada 71 persen lebih setara dengan 193,6 juta orang. Kalau kita compare lagi dengan ke beberapa negara di eropa di seluruh warga negara Irlandia, Belanda, Swedia, Jerman, Prancis bergerak bersama-sama itu setara dengan tadi (193.6 juta orang). Apabila kita breakdown lagi 31 persennya masyarakat itu bergerak ke Jawa Tengah dan 19,44 persennya bergerak ke arah Jawa Timur, ” demikian seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Selasa 26 Maret 2024.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Kepadatan arus kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023 di Tol Cipali

Photo :
  • Antara

Dirinya pun menjelaskan soal pengelolaan arus lalu lintas yang tidak hanya mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur saja. Kata dia, yang bergerak dari Jawa ke Jabodetabek juga ada. Tetapi, memang jumlahnya kalah dengan yang keluar Jabodetabek.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

”Yang bergerak sebaliknya artinya dari Jawa menuju ke Jabodetabek hanya 3.35%, terjawabkan kenapa kita memprioritaskan warga masyarakat yang mudik dari jabotabek ke arah Jawa dan sebaliknya pada arus balik ini kita berlakukan hal yang sama. Percayakan pada kami dan seluruh stakeholder yang mengatur. Kami akan tetap berusaha semaksimal mungkin dengan semangat dan kerja sama yang baik agar mudik tahun ini sukses, aman, lancar dan selamat menjadi mudik yang ceria dan penuh makna,” kata dia lagi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan, jumlah pemudik pada periode Lebaran Idul FItri 2024 mencapai 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total penduduk Indonesia. Angka tersebut meningkat dibanding potensi pergerakan masyarakat tahun 2023 yang sebesar 123,8 juta orang. 

Data tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Kemenhub melalui Badan Kebijakan Transportasi bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta melibatkan para pakar dan akademisi di bidang transportasi. 

Hasil survei tersebut menunjukkan daerah asal perjalanan terbanyak, yaitu Jawa Timur sebesar 16,2 persen atau 31,3 juta orang, disusul Jabodetabek sebesar 14,7 persen atau 28,43 juta orang, dan Jawa Tengah sebesar 13,5 persen atau 26,11 juta orang.  

Sementara itu, untuk daerah tujuan terbanyak, yaitu Jawa Tengah sebesar 31,8 persen atau 61,6 juta orang, Jawa Timur sebesar 19,4 persen 37,6 juta orang, dan Jawa Barat sebesar 16,6 persen  atau 32,1 juta orang. 

Adapun perkiraan puncak hari mudik berdasarkan pilihan masyarakat adalah H-2 atau Senin, 8 April 2024 alias dimulainya cuti bersama dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang 13,7 persen. Sedangkan perkiraan puncak hari balik adalah H+3 yakni Minggu, 14 April 2024 dengan potensi pergerakan 41 juta orang 21,2 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya