Irjen Aan Beri 'Senjata' Baru untuk Anak Buah Urai Kemecetan Mudik Lebaran

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan
Sumber :
  • Korlantas Polri

Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jendera Polisi Aan Suhanan menyebut guna menunjang tugas Tim Urai Kemacetan yang menjaga kelancaran lalu lintas selama masa mudik Lebaran 2024, pihaknya telah mendistribusikan ratusan ratusan sepeda motor ke beberapa Polda.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Kita akan bentuk tim pengurai kemacetan, akan kita distribusikan 500 kendaraan roda dua untuk mendukung Sub Satgas Urai Macet sehingga bisa memaksimalkan, memperlancar, menjamin keselamatan masyarakat pada saat mudik," ujarnya pada Selasa, 26 Maret 2024.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon
Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Tim tersebut punya strategi khusus guna menjaga kelancaran lalu lintas, mengingat jumlah pemudik yang naik hingga jadi sebanyak 193 juta orang. Selain itu, kata dia, tim tersebut nantinya bakal melakukan patroli pada jam-jam rawan kemacetan. Mereka juga bakal melakukan pantauan melalui Command Center.

"Melihat analisis dan evaluasi tahun lalu banyak sekali trouble spot yang mengakibatkan kemacetan maupun perlambatan, terutama untuk para pengemudi yang berhenti di bahu jalan atau mendapat gangguan. Tim ini akan menyelesaikan permasalahan itu nanti di setiap Polda, mulai dari Banten sampai Jawa Timur kita bentuk tim urai macet ini. Nanti cara bertindaknya melakukan patroli sesuai dengan jam rawannya. Kemudian apabila dari Command Center ada laporan gangguan, titik macet, tim ini yang akan turun untuk mengurai kemacetan," jelas dia.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Sebelumnya diberitakan, Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Slamet Santoso mengungkapkan, kondisi jalur mudik Lebaran 2024 sudah cukup baik. Namun, bersama stakeholder terkait pihaknya bakal terus mengoptimalkan jalur agar pemudik bisa nyaman.

"Kesiapan (jalur mudik) dari dinas terkait sudah 98 persen sudah oke, dari mulai kondisi jalan baik itu jalan tol, maupun non tol, hingga arteri," ujarnya pada Kamis, 21 Maret 2024.

Perihal tempat sarana dan prasarana, khususnya di pelabuhan yang jadi tempat penyeberangan pemudik pun tengah dioptimalkan. Secara garis besar, pihaknya dan stakeholder terkait telah siap melayani dan memberi rasa aman kepada para pemudik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya