5 Fakta Gudang Amunisi TNI Milik Kodam Jaya Meledak di Ciangsana Bogor

Kebakaran besar terjadi pada gudang bahan peledak milik TNI di perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kota Bekasi, Jawa Barat, terbakar pada Sabtu 30 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Bogor - Gudang amunisi Kodam Jaya TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bogor meledak pada Sabtu malam kemarin, 30 Maret 2024, sekitar pukul 18.30 WIB.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kebakaran yang menimpa gudang amunisi milik TNI dibenarkan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjne Kristomei Sianturi, "Jadi memang kita konfirmasi telah terjadi kebakaran gudang amunisi Daerah Kodam Jaya."

Berikut beberapa fakta menarik gudang amunisi TNI miliki Kodam Jaya meledak di Ciangsana Bogor, dilansir berita viva sebelumnya:

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

1. Alhamdulilah Tidak Ada Korban Jiwa

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Photo :
  • Tangkapan layar.
Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Disampaikan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan dalam ledakan di gudang amunisi Pangdam Jaya TNI AD Ciangsana Kabupaten Bogor tidak ada korban jiwa, "Kamis sudah mengecek seluruh lokasi tidak ada korban jiwa."

2. Penyebab Gudang Amunisi TNI Meledak

Kebakaran gudang peluru di Armed TNI AD di Ciangsana, Gn Putri, Cileungsi

Photo :
  • Tangkapan layar

Mayjen TNI Mohamad Hasan menurunkan lebih lanjut mengenai penyebab gudang amunisi Kodam Jaya meledak. Ia menjelaskan bahwa ledakan tersebut diduga dipicu reaksi kimia dari amunisi yang mengalami gesekan di gudang itu, "Ini kemungkinan karena bahan kimia sangat labil."

3. TNI Fokus Evakuasi Warga

Ledakan gudang peluru milik Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor

Photo :
  • Ist

Setelah telah gudang amunisi meledak. TNI lebih fokus untuk mengevakuasi warga yang berdekatan dengan lokasi kejadian. Selain itu juga, Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Kristomei Sianturi menyampaikan beberapa anggotanya masih kesulitan untuk mendekat ke lokasi kejadian.

"Warga sudah kami evakuasi ke tempat yang lebih aman, dan babinsa (bintara pembina desa, terus berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk mengamankan masyarakat yang ada di sana," kata Brigjen TNI Kristomei ketika dihubungi, Sabtu, 30 Maret 2024.

4. Proyektil Nyasar ke Rumah Warga

Gudang TNI AD di Bogor meledak.

Photo :
  • antara

Akibat meledaknya gudang amunisi milik TNI, beberapa proyektik nyasar ke rumah warga. Selain itu juga, Mayjen TNI Mohamad Hasan meminta kepada warga untuk mengembalikanya ke pihak keamanan, "Jangan diambil serahkan pada pihak keamanan."

5. Sistem Pengamanan Gudang Amunisi Kadaluarsa Sesuai Standar

Ledakan gudang amunisi TNI AD.

Photo :
  • Repro Video.

Mayjen TNI Mohamad Hasan memastikan sistem pengamanan di gudang amunisi kadaluarsa itu sudah sesuai dengan standar yang baik, bahkan tidak ada lagi bahan yang bisa memicu terjadinya kebakaran di gedung amunisi.

"Di gudang itu tak ada sistem listrik. mungkin dari material-material yang bergesek dan labil akhirnya menimbulkan asap dan ledakan," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya