Operasikan East Flyover, Bandara Soekarno-Hatta Berlakukan Pengalihan dan Penutupan Arus

East flyover bandara soetta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang – PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta, mulai Senin 1 April 2024, akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, via Perimeter Utara dan Perimeter Selatan, Tangerang. 

Sempat Ditahan 1 Tahun 4 Bulan, Bea Cukai Bebaskan Alat Belajar Siswa SLB

Hal ini terkait dengan pengoperasian East Flyover sebagai wujud meningkatkan layanan, khususnya di jalur darat dan mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di bandar udara. 

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, M. Holik Muardi, meminta agar seluruh pengguna jalan untuk memperhatikan petunjuk dan pengaturan lalu lintas yang telah ditetapkan selama pengalihan ini. 

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"East Flyover akan beroperasi pada tanggal 1 April 2024, kami memahami bahwa pengalihan dan perubahan jalan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan. Dengan begitu, saat ini kami telah mensosialisasikan pengalihan dan perubahan jalan dari dan menuju bandara melalui signed atau banner himbauan di beberapa titik jalur serta melalui media sosial Soekarno-Hatta agar masyarakat mengetahui perubahan jalur tersebut," katanya, Sabtu, 30 Maret 2024.

Ilustrasi suasana di Bandara Soetta yang dikelola AP II

Photo :
  • VIVA/Sherly
Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Lanjut dia, dengan beroperasinya East Flyover ini merupakan upaya peningkatan kualitas pelayanan manajemen Bandara Soekarno-Hatta kepada pengguna jalan dari dan menuju bandara. 

"Kami berharap masyarakat dapat beradaptasi dengan pengalihan dan perubahan jalan ini. Beroperasinya East Flyover ini merupakan pelayanan Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh pengguna jalan serta untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan yang menghubungkan ke Bandara Soekarno-Hatta khususnya via Perimeter Utara dan Perimeter Selatan," ujarnya. 

East Flyover merupakan jalur yang menghubungkan akses dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta via Perimeter Utara dan Perimeter Selatan melewati jembatan utama. 

Dengan dilakukannya pengalihan arus lalu lintas menuju bandara via Perimeter Utara dan Perimeter Selatan, East Flyover (area pintu masuk bandara) resmi beroperasi. Langkah ini diambil sebagai respons atas meningkatnya volume kendaraan dan demi memastikan pengalaman perjalanan penumpang ke bandara lebih lancar.

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Berikut Pengalihan dan penutupan jalan tersebut adalah sebagai berikut: 

Pengalihan Lalu Lintas
Pengguna jalan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari arah Perimeter Selatan dan Perimeter Utara dihimbau untuk menggunakan perubahan jalur yang telah disediakan. 

Rute Perimeter Utara ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta :
Perimeter Utara – East Flyover – Perimeter Selatan – Pos 25 Selatan – Diagonal Selatan – Jalan P1 

Rute Perimeter Selatan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta :
Perimeter Selatan – Pos 25 Selatan – Diagonal Selatan – Jalan P1 

Rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Perimeter Utara :
Jalan P2 – Diagonal Utara – Perimeter Utara 

Rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Perimeter Selatan :
Jalan P2 – Diagonal Utara – Putaran Utara – East Flyover – Perimeter Selatan 

Rute Perimeter Utara ke Perimeter Selatan
Perimeter Utara – East Flyover - Perimeter Selatan 

Rute Perimeter Selatan ke Perimeter Utara
Perimeter Selatan – Pos 25 Selatan – East Flyover - Perimeter Utara 

Penutupan Jalan
Penutupan akses U-turn dari Jalan P2 menuju Jalan P1. Kendaraan yang akan memutar balik dari Jalan P2 dapat menggunakan rute berikut ini;
Jalan P2 – Diagonal Utara – Putaran Utara – East Flyover – Pos 25 Selatan – Diagonal Selatan – Jalan P1 dan seterusnya 

Pengaturan Lalu Lintas

Polisi lalu lintas dan petugas keamanan bandara akan ditempatkan untuk membantu mengatur arus lalu lintas dan memberikan bantuan kepada pengendara yang membutuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya