[HOAKS] Marsdya Tonny Harjono yang Baru Dilantik Jadi KSAU Ternyata Adik Iparnya Iriana Jokowi

Iriana Jokowi dan Tonny Harjono
Sumber :
  • istimewa

VIVA Nasional – Baru-baru ini telah beredar sebuah informasi dengan narasi tentang sosok Marsdya TNI M Tonny Harjono yang baru saja didapuk alias ditunjuk menjadi KSAU menggantikan Marsekal TNI Fajar Prasetyo ini ternyata merupakan adik ipar dari ibu Iriana Joko Widodo.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Kabar tersebut baru-baru ini beredar dan ramai menjadi perbincangan di media sosial Facebook salah satunya.  Lantas, benarkah sosok Marsdya TNI M Tonny Harjono ini merupakan ipar dari Iriana Jokowi? Untuk baca artikel selengkapnya, scroll ulasan berikut ini.

Dilantik Jadi KSAU

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Baru-baru ini Presiden RI, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, telah menunjuk Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo. 

Digantikannya Fadjar menjadi Marsdya Tonny ini pun, karena memasuki masa pensiun pada tanggal 9 April 2024.  Dalam hal ini Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyatakan bahwa Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 pada tahun 2024 mengenai pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Sosok Marsekal Madya TNI Mohammad Tonny Harjono sendiri adalah Perwira Tinggi kelahiran Jakara, 4 Oktober 1971. Ia adalah salah satu Pati TNI Angkatan Udara yang memiliki rekam jejak sangat cemerlang di dunia militer Angkatan Udara. Pria berusia 52 tahun itu pernah menjabat sejumlah posisi penting di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Diduga Adik Ipar Iriana Jokowi

Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tonny Harjono jabat KSAU

Photo :
  • Antara

Sebuah akun Facebook dengan nama Maharani Selvi mengunggah sebuah foto Marsdya TNI M Tonny Harjono dengan klaim narasi bahwa Marsdya Tonny baru saja dilantik menjadi pengganti KSAU Marsekal TNI Fajar Prasetyo.

Lebih lanjut, dalam narasi yang beredar tersebut juga menyebutkan bahwa Marsdya Tonny merupakan adik ipar Iriana Jokowi. Namun, setelah dilakukan penelusuran, fakta yang ditemukan adalah bahwa Marsdya TNI M Tonny Harjono saat narasi tersebut beredar, belum dilantik secara resmi menggantikan Marsekal TNI Fajar Prasetyo.

Marsdya Tonny baru ditetapkan sebagai kandidat terkuat untuk menjadi KSAU. Kabar tersebut pun akhirnya direspons oleh Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin, yang menyatakan bahwa Marsdya Tonny adalah salah satu dari dua calon KSAU baru.

Hal serupa disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon. Menurut mereka, Tonny sudah memenuhi kriteria dan sangat pantas menjadi KSAU.  Marsdya Tonny sebelumnya merupakan ajudan Presiden Joko Widodo tahun 2014-2016.

Selain itu, kabar bahwa Marsdya Tonny merupakan adik ipar Iriana Jokowi tidak benar. Sebagaimana telah ditelusuri dari berbagai sumber, bahwa istri Marsdya Tonny ini bernama Isa Apriliani.  Dan sebagai informasi, bahwa Iriana Jokowi merupakan anak pertama dari lima bersaudara yang bernama Anik, Anjas, Andri, dan Anto.
Sebagaimana ditelusuri dari Wikipedia, istri Marsdya Tonny bernama Isa Apriliani.

Sedangkan Iriana Jokowi merupakan anak pertama dari lima bersaudara yang bernama Anik, Anjas, Andri, dan Anto.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari fakta sebenarnya yang ada , bahwa Marsdya TNI M Tonny Harjono baru ditetapkan sebagai calon pengganti terkuat dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fajar Prasetyo, belum terdapat pelantikan. Selain itu klaim bahwa Marsdya TNI M Tonny Harjono merupakan adik ipar Iriana Jokowi tidak benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya