Penyebab Ledakan Gudmurah Kodam Jaya Masih Misteri, Tim Investigasi Dibentuk

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta -- Penyebab pasti kebakaran Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya di wilayah Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat masih misteri. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Brigjen TNI Kristomei Sianturi mengatakan saat ini penyebab pasti kebakaran masih terus diinvestigasi.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Saat ini masih tim terus bekerja apa nanti kita sampaikan lebih lanjut ya. Sementara kan perkiraan awal kemungkinan, karena itu munisi yang sudah kedaluwarsa sehingga terjadi labil ya terbakar atau meledak gitu ya. Kemungkinan-kemungkinan lain kita tetap evaluasi," kata dia, Rabu 3 April 2024.

Menurut dia, tim investigasi telah dibentuk guna menguak penyebab pasti kebakaran. Sampai saat ini, dia mengklaim tidak ditemukan adanya unsur kelalaian sebagai penyebab kebakaran. Karena masih diinvestigasi, eks Kepala Penerangan Kodam Jaya ini belum berkata lebih jauh lagi.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Ledakan gudang amunisi TNI AD.

Photo :
  • Repro Video.

"Sampai saat ini investigasi masih berjalan, tim investigasi sudah dibentuk oleh Pomdam Jaya, Pangdam Jaya dalam hal ini meliputi di situ ada peralatan Kodam Jaya, zeni, staf logistik, staf intelijen. Saat ini masih berjalan, kita tunggu investigasinya seperti apa," ujarnya lagi.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Diketahui, peristiwa kebakaran disertai ledakan melanda gudang amunisi milik TNI Angkatan Darat di wilayah Ciangsana, Kabupaten Bogor pada Sabtu malam, 30 Maret 2024. 

Sebanyak 65 ton peluru yang meledak menyebabkan kebakaran hebat dan kepanikan masyarakat, sebab terdapat selongsong peluru dan granat terlempar ke area permukiman.

Dugaan sementara penyebab terjadinya ledakan dan kebakaran lantaran gesekan amunisi yang kedaluwarsa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya