Libur Lebaran 2024, Hostel Low Budget di Malioboro Kebanjiran Pesanan Wisatawan

Jalan Malioboro, kawasan wisata legendaris di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Yogyakarta – Sebanyak 1,7 juta wisatawan diperkirakan akan menghabiskan masa libur Lebaran 2024 di Kota Yogyakarta. Kondisi ini membuat tingkat reservasi hotel di Kota Yogyakarta menembus angka 90 persen di libur Lebaran 2024.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Tingginya reservasi hotel ini membuat wisatawan akan menikmati suasana lebaran di Kota Yogyakarta mengalihkan pilihannya ke penginapan atau hostel low budget dengan faslitas lengkap. 

Salah satu pengelola hostel yang juga General Manager D'Paragon Kost Eksklusif Budiana mengatakan, tahun ini hostel atau penginapan yang berada di pusat kota Yogyakarta seperti Jalan Malioboro menjadi incaran wisatawan. Bahkan tingkat okupansi telah mulai ramai dipesan sejak awal Ramadhan hingga mendekati libur lebaran Idul Fitri.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi.

"Iya. Alhamdulillah rata-rata okupansi Dparagon saat lebaran 80-90%. Ini sudah mengalami kenaikan sejak awal Ramadhan dan puncaknya saat periode arus mudik dan balik lebaran. Bahkan ada beberapa yang sudah full," kata Budiana, Kamis, 4 April 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Budiana mengatakan, untuk mendapatkan lokasi penginapan yang strategis, tamu atau pengunjung bisa memilih penginapan D'Paragon Kost Eksklusif yang hampir ada di seluruh wilayah strategis di Yogyakarta, seperti di kawasan kampus UNY, UPN dan UGM di daerah Karangmalang, Gang Flamboyan, Pogung dan Seturan.  

Lokasi strategis lainnya yakni seperti Pringwulung, Perumnas hingga kawasan Jalan Malioboro. Selain berada di kawasan strategis D'Paragon Kost Eksklusif juga memberikan berbagai fasilitas paket kuliner seperti breakfast khusus. 

"Kita juga melayani breakfast khusus di Dparagon Malioboro dengan nuansa rooftop. Jadi pengunjung bisa menikmati suasana kota Yogyakarta dari atas sambil menikmati sajian kuliner khas," urai Budiana.

Budiana membeberkan fasilitas yang ditawarkan di D'Paragon juga tak kalah dengan hotel-hotel berbintang. Budiana menyebut pengunjung bisa mendapatkan beragam fasilitas lengkap mulai AC, kulkas, shower air panas, wifi, free parkir dan breakfast.

"Untuk keamanan pengunjung, kita juga telah pasang CCTV untuk keamanan serta customer service 24 Jam. Bahkan tahun ini kita bikin program promo Giveaway Iphone untuk reservasi harian dan mingguan dengan kode promo diskon up to 70%," urai Budiana.

Pada musim lebaran tahun ini, sebagian besar tamu merupakan rombongan wisata, keluarga maupun karyawan perusahaan yang tengah tugas luar kota. Kebanyakan pengunjung hostel didominasi dari luar kota, seperti Jakarta, Bandung, Semarang maupun Surabaya. 

Bahkan saat momen lebaran banyak tamu yang berasal dari luar pulau Jawa, seperti dari Medan, Palembang, Balikpapan, hingga Makassar maupun kota-kota di Indonesia.

"Ini banyak juga ya yang rombongan wisatawan gitu. Juga sebagian lagi adalah rombongan keluarga. Juga ada dari instansi dan perusahaan yang sedang bertugas di Yogyakarta," kata Budiana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya