Menteri Perhubungan: Mudik yang Berkeselamatan Tidak Menggunakan Sepeda Motor

[dok. BKIP Kementerian Perhubungan]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan penumpang peserta mudik gratis dengan bus dari Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Sabtu, 6 April 2024.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Budi menyatakan, program mudik gratis ini merupakan bagian dari upaya Kemenhub, dalam mendorong perjalanan mudik yang berkeselamatan yang tidak menggunakan sepeda motor sehingga kepadatan pemudik bersepeda motor di jalan raya dapat dialihkan ke moda angkutan umum, salah satunya dengan bus.

"Kalau kita bersama-sama melakukan ini, maka mudik yang berkeselamatan yang tidak menggunakan motor akan terjadi," katanya dalam keterangannya, Sabtu, 6 April 2024.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

[dok. Perum Damri]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Dia berharap, kegiatan mudik gratis ini dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. "Sehingga silaturahmi di kampung halaman pun dapat berjalan lancar dengan penuh kehangatan," ujarnya.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Pada kesempatan yang sama, Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto mengatakan, total pemudik yang diberangkatkan kali ini seluruhnya berjumlah 40.088 penumpang, atau naik 62,33 persen dari tahun 2023 yang berjumlah 24.368 penumpang.

"Khusus dari Terminal Jatijajar, Depok, diberangkatkan sebanyak kurang lebih 7.640 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 187 unit," ujarnya.

Selain Terminal Jatijajar Depok, hari ini turut diberangkatkan pula peserta mudik gratis dari Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, dan Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Sedangkan hari Minggu, 7 April 2024, akan diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan Jakarta Timur, Terminal Poris Plawad Tangerang, dan Terminal AKAP W.A Gara Kalimantan Tengah.

Pemudik sepeda motor melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sementara kota-kota tujuan mudik totalnya sebanyak 33 kota, yang tersebar di Jawa Barat 3 kota, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 19 kota, Jawa Timur 5 kota, Sumatera 5 kota, dan Kalimantan 2 kota. Sedangkan jumlah kota keberangkatan arus balik yakni sebanyak 9 kota, yaitu Surabaya, Madiun, Wonogiro, Solo, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Purwokerto dan Palembang.

Jumlah bus yang digunakan mencapai sebanyak 950 bus, terbagi menjadi 790 bus mudik yang diberangkatkan dari 6 terminal. Keenam terminal itu yakni Terminal Poris Plawad, Terminal Jatijajar, Terminal Pondok Cabe, Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal W.A.Gara. Sedangkan sebanyak 160 bus untuk arus balik juga akan diberangkatkan dari 9 kota tersebut.

Kemudian untuk kuota sepeda motor yakni sebanyak 900 unit, terdiri dari 450 unit untuk mudik dan 450 untuk balik. Dengan menggunakan sebanyak 30 truk untuk mudik dan arus balik di 5 kota tujuan, kelimanya yakni Madiun, Wonogiri, Solo, Yogyakarta, dan Purwokerto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya