Pemudik Alami Kemacetan hingga 11 KM Menuju Pelabuhan Merak

Kemacetan Panjang Menuju Pelabuhan Merak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)

Banten– Macet horor terus terjadi menuju Pelabuhan Merak. Kali ini, kemacetan mengular hingga ke dalam Tol Tangerang Merak, tepatnya di KM 92-600, atau di Kaligandu, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Banten.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Kemacetan itu berjarak sekitar 6 kilometer sebelum Gerbang Tol (GT) Merak. Kemudian, dari GT Merak ke Pelabuhan Merak, sekitar 5 km lagi.

Kemacetan Panjang Menuju Pelabuhan Merak.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)
Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Total, kemacetan mencapai sekitar 11 kilometer di luar Pelabuhan Merak. Jalan Cikuasa Atas sendiri telah dijadikan kantung parkir atau buffer zone. 

Kemudian Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim, tengah berada di Pelabuhan Merak, memantau kepadatan pemudik.

Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

Di sisi lain, pemudik mengeluhkan tiket penyeberangan yang habis. Mereka pun bingung harus kemana, karena sudah tanggung berada di perjalanan.

"Belum beli (tiket). Saya baru tahu tadi informasinya kalau tiket habis dari tanggal 06 sampai tanggal 08 April 2024," ujar Jarwo, pemudik asal Bekasi, ditemui di KM 92 Tol Tangerang-Merak, Sabtu, (06/04/2024).

Karena sudah terlanjur di perjalanan dan dekat dengan pelabuhan, dia bersama istri dan anaknya yang masih kecil, akan menginap di sekitar Pelabuhan Merak.

"Engga tahu, paling nunggu di sekitar pelabuhan kita," jelasnya.

Dia mengaku dia harus menempuh perjalanan sekitar lima jam dari Bekasi untuk sampai di KM 92-600. Meski macet di perjalanan, hal itu sudah diperkirakan olehnya untuk mudik ke Jambi.

"Dari Bekasi mau ke Jambi, tadi dari Bekasi sekitar jam 17.00 wib. Menyangka sih, biasanya kan begitu, iya begitu tradisinya," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya