Komitmen Kapolri Ciptakan Mudik Aman dan Nyaman Bagi Masyarakat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, seluruh masyarakat yang mudik menggunakan jalur kereta api telah mendapatkan pelayanan dan rasa aman sepanjang perjalanan.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

"Hari ini kita mendapatkan kesempatan untuk meninjau langsung khususnya di Stasiun Pasar Senen. Salah satu stasiun kereta yang menjadi favorit atau diminati oleh pemudik. Tadi kita sempat menanyakan, faktor keamanan dan ketepatan waktu," kata Sigit usai meninjau pemudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, dikutip Minggu, 7 April 2024.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Data PT KAI menunjukkan, saat ini pemudik yang menggunakan jasa kereta api telah mencapai angka 20.800 orang. Masyarakat yang membeli tiket kereta secara online juga telah terlayani dengan baik. Bahkan, kata Sigit, apabila ada pemudik yang telat, maka diberikan kesempatan pada kereta selanjutnya.

"Dan kalaupun ada yang terlambat, diberikan kesempatan untuk naik kereta berikutnya. Saya kira ini juga sangat baik," ujar Sigit.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Dari segi keamanan, berdasarkan tinjauan dan berbincang langsung dengan pemudik, Sigit mengungkapkan bahwa tidak terjadi aksi kriminalitas yang mengganggu perjalanan mudik masyarakat. 

"Dan secara umum sampai dengan hari ini dari sisi kerawanan terhadap kejahatan khususnya di stasiun, tadi kita tanyakan, belum ada informasi yang berarti," kata Sigit.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Terminal Purabaya Surabaya.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Dia pun menegaskan kepada seluruh pemudik, untuk segera melaporkan segala bentuk aksi kriminalitas. Pasalnya, personel TNI-Polri dan stakeholder terkait lainnya terus bersiaga mengamankan arus mudik-balik Lebaran 2024. 

Sigit menekankan, pihaknya berkomitmen untuk menciptakan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang aman dan nyaman, bagi seluruh masyarakat. 

"Mudah-mudahan dengan kesiapan personel pengamanan, kesiapan pelayanan dari kereta api, semua pemudik yang memanfaatkan pilihannya dengan menggunakan kereta api bisa terlayani dengan baik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya