Menhub Sebut Ada Perubahan Perilaku Pemudik di Lebaran 2024: Lebih Suka Jalan Malam

[dok. BKIP Kementerian Perhubungan]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Menteri Perhubungan (MenhubBudi Karya Sumadi, menyampaikan kondisi arus mudik pada masa Angkutan Lebaran 2024, di empat Gerbang Tol (GT) keluar Jakarta yakni GT Cikatama, GT Kalitama, GT Ciawi, dan GT Cikupa. 

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

"Dari apa yang kita lihat, ada perubahan dari tahun yang lalu. Kalau tahun lalu itu pemudik lebih suka siang hari, namun sekarang lebih suka malam, sehingga siangnya cenderung kosong," kata Budi Karya dalam keterangannya, Selasa, 9 April 2024.

Karenanya, Menhub menilai bahwa hal ini perlu diketahui oleh masyarakat yang akan mudik, sebagai bentuk antisipasi sebelum melakukan perjalanan.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Ribuan Kendaraan Lintasi Tol Cipali saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Nah, bagaimana kita memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, ini menjadi penting," ujarnya.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Selain itu, Menhub pun menyampaikan rasa duka cita mendalam atas musibah kecelakaan yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, pada Senin pagi, 8 April 2024 kemarin.

Menhub menyampaikan, kejadian tersebut akan menjadi pelajaran mahal dan bagian dari evaluasi untuk pelaksanaan mudik ke depan, baik dari sisi kebijakan maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Arus Mudik Lebaran 2024, One Way di Gerbang Tol Cikampek Utama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia pun turut mengapreasiasi petugas lapangan yang bertugas siang dan malam, serta melakukan evaluasi secara berkala untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. 

Di samping itu, Menhub pun berpesan kepada para pemudik untuk menjaga kondisi badan tetap prima dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik.

"Jika memang kelelahan, harus beristirahat di rest area yang telah disediakan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya