Contraflow Tetap Dipakai Arus Balik Lebaran, Tapi Bakal Dikawal Safety Car

Ilustrasi Contraflow satu lajur arah Cikampek Utama
Sumber :
  • Twitter @jmtransjawa

Jakarta - Beberapa evaluasi terhadap pelaksanaan rekayasa lalu lintas contraflow di jalan tol saat arus mudik-balik Lebaran 2024, disiapkan polisi buntut kecelakaan maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Evaluasi pertama adalah bakal ada penempatan safety car untuk mengawal setiap laju kendaraan yang masuk jalur contraflow. Hal itu diungkap Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan.

Safety car itu nanti akan dikawal, seperti kalau kita nonton balapan lah, jadi tidak ada yang mendahului dari safety car tersebut,” ujarnya, Selasa, 9 April 2024.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Jasa Marga terapkan rekayasa lalu lintas Contraflow di Tol Jagorawi arah Jakarta.

Photo :
  • Dok. Jasa Marga.

Adanya safety car nanti bisa membantu menjaga kecepatan dari laju kendaraan yang melaju di lajur contraflow. Meski sejatinya sudah banyak dipasang rambu maksimal 60 KM/jam di jalur contraflow

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

“Nah itu yang kita pertahankan untuk kecepatan itu dengan dikawal safety car. Baik itu berbentuk mobil atau motor dari kita. Jadi ketika sampai nanti dari KM 70 sampai KM 47, sekitar 22 Kilometer, jika yang di depan selesai, akan ada yang mengawal lagi. Petugas akan bersiaga selama 24 jam. Itu akan kita kawal sehingga kecepatan ini bisa kita pelihara,” ujarnya.

Dia menambahkan, evaluasi yang kedua dari sisi keselamatan dengan memperbanyak kenderaan derek dan ambulans. Hal ini supaya lebih cepat bila menangani kecelakaan.

“Terjadi crash, kita akan siapkan derek, ambulans dan beberapa kendaraan yang bisa cepat untuk menangani permasalahan tersebut. Itu akan kita siapkan, kita sudah berkoordinasi dengan Jasamarga,” kata dia.

Yang terakhir, untuk area fasilitas jalur contraflow, petugas bakal memadukan water barrier dengan cone-cone sebagai penanda pembatas jalan antara contraflow dengan jalur normal. Kemudian ditambah lampu penerangan atau lampu selang ketika malam hari.

“Ini dimaksudkan untuk isyarat kepada dua arah, baik dari Jakarta maupun sebaliknya. Ini saya lihat, karena saya tanyakan juga ke ahli, kalau 20 KM itu masih memungkinkan tidak? Ternyata sangat memungkinkan. Yang penting itu tadi, dijaga kecepatannya, kemudian diberikan isyarat untuk safety. Kalau ada kecelakaan itu bisa cepat kita tangani. Yaa tentu kita tidak mau berharap ada kejadian lagi, itu dengan tadi ada safety car, isyarat yang lebih jelas dan sebagainya,” kata dia lagi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan

Photo :
  • Korlantas Polri

Sebelumnya diberitakan, korban meninggal dunia kecelakaan maut di KM 58 Tol Cikampek arah Jakarta, sejauh ini disebut ada 12 orang. Hal itu diungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Dari Gran Max itu juga sudah dipastikan jumlah penumpang 12 orang dan semuanya meninggal," kata dia, Senin 8 April 2024.

Untuk diketahui, polisi menyebut tidak ada penumpang mobil Gran Max yang terlibat kecelakaan maut di KM 58 Tol Cikampek arah Jakarta, selamat. Semuanya dipastikan meninggal dunia.

"Untuk sementara, di dalam mobil Gran Max tidak ada yang selamat, semua meninggal dunia," ujar Kapolres Karawang, Ajun Komisaris Besar Polisi Wirdhanto Hadicaksono, Senin 8 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya