BPBD Laporkan Ogan Komering Ulu Diterjang Banjir Bandang, Berharap Tak Ada Korban Jiwa

Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, menyelematkan barang berharga dari banjir bandang, Kamis, 23 Mei 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Edo Purmana

Ogan Komering Ulu - Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, diterjang banjir bandang akibat luapan Sungai Ogan yang terjadi pada Kamis (23/5) dini hari.

Penuh Haru, Viral Momen Siswa SD Rayakan Kelulusan dengan Main Air Bersama di Sungai

"Sungai Ogan meluap dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB hingga menimbulkan banjir bandang," kata Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu Gunalfi di Baturaja, Kamis, 23 Mei 2024.

Berdasarkan pantauan, kata dia, banjir merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu seperti di Kecamatan Ulu Ogan, Peninjauan, Semidang Aji, Lengkiti, Baturaja Timur, dan Baturaja Barat, dengan ketinggian air mencapai 1-2 meter.

Gedung Graha CIMB Niaga Kebakaran, Diduga Gegara Arus Pendek Listrik

Banjir bandang. (Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Adib Ahsani

"Saat ini kami masih melakukan pendataan. Semoga tidak ada korban jiwa," kata Gunalfi.

Wanita Paruh Baya di Aceh Timur Ditemukan Tewas dengan Luka Sayat di Leher

https://www.youtube.com/watch?v=GV2xTrsbwJc&t=7s

BPBD OKU pun, kata dia, menerjunkan personel dan perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga terdampak banjir guna mengantisipasi korban jiwa.

Sementara, menurut Devi, warga Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, ia terpaksa mengungsi karena rumah yang dihuninya terendam banjir mencapai dua meter.

"Air cepat sekali meninggi hingga masuk ke dalam rumah, sehingga tidak banyak barang berharga yang bisa diselamatkan," ucap Devi. 

Ilustrasi tim SAR mencari anak yang tenggelam di sungai.

Photo :
  • VIVA/Dwi Royanto

Menurut dia, bencana alam kali ini lebih parah dibandingkan banjir yang terjadi pada awal bulan lalu yang datang secara tiba-tiba.

"Untuk sementara waktu saya terpaksa mengungsi ke tempat keluarga, mengingat debit air Sungai Ogan terus meningkat," ujar Devi. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya