ARF-DiREx 2011

Militer Berfungsi Dalam Penanganan Bencana

Tsunami Mentawai
Sumber :
  • Antara/Maril Gafur

VIVAnews - Negara-negara Asia Pasifik yang tergabung dalam Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DiREx) sepakat militer mengambil peran penting dalam penanganan bencana alam.

Keterlibatan militer dalam penanganan bencana dinilai sangat penting. Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro menyatakan, dalam penanganan bencana alam kerjasama militer-sipil harus seiring.

"Kita menyadari penanganan bencana alam adalah bagian dari trend fungsi dan tugas militer, selain perang. Yang menetapkan institusi sipil sebagai pelaksana utama, dan militer sebagai pendukung," kata Purnomo dalam sambutan ARF-DiREx 2011 di Manado, Sulawesi Utara 15 Maret 2011.

Kegiatan itu melibatkan 20 negara dan negara Uni Eropa, terdiri dari personel militer dan sipil. Sarana dan prasana yang diturunkan yakni, alutsista dari TNI, BNPB, kendaraan dari beberapa kementerian, pemerintah daerah Sulsel, dan dari negara-negara peserta.

Simulasi digelar di teluk Manado, komplek Megamass Jalan Piere Tendean, Manado Sulwesi Utara. ARF-DiREx 2011 diselenggarakan sejak 14 hingga 20 Maret. "Latihan diharapkan bisa memberikan kompetensi penanganan bencana alam, juga memberikan nilai strategis yakni, terbangunnya kerjasama kuat internasional dalam kerangka civil-military coordination," katanya.

Nilai strategis kerjasama ini, kata Purnomo, bisa memperkuat berbagai kerjasama internasional dan regional di bidang penanganan bencana.

Dalam kesempatan itu, Purnomo menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Jepang yang tertimpa bencana gempa dan tsunami. Dia juga mengapresiasi keterlibatan seluruh anggota peserta dalam kegiatan ARF-DiREx 2011.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Jepang yang menjadi ketua bersama. Walaupun sedang mengalami musibah, tetapi tetap mendukung acara ini," ujarnya.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024