Polisi Tak Bisa Periksa Nasabah MD Lainnya

Inong Melinda alias Malinda Dee usai diperiksa polisi
Sumber :
  • Antara/ Kholis

VIVAnews - Mabes Polri hanya memeriksa tiga nasabah Citibank terkait pembobolan dana oleh Inong Malinda alias Malinda Dee. Polri menyatakan tak bisa memeriksa nasabah Citibank lain yang juga ditangani Malinda.

"Jadi yang bisa kita sidik hanya tiga, itu saja," kata Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Arif Sulistiyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin 11 April 2011.

"Kalau yang lain tidak melapor bagaimana? Ini terkait dengan aset recovery. Berarti dia yang ganti Citibank, dia mengganti kepada nasabah itu."

Arif mengatakan dari tiga nasabah Malinda yang melapor, dana yang digelapkan oleh Malinda sekitar Rp16 miliar lebih. "Total Rp16 koma sekian miliar. Dan itu sudah cukup untuk membuktikan perbuatannya," kata dia.

Namun, sebagian kalangan tetap mempertanyakan siapa saja nasabah Citibank yang ditangani Malinda lainnya. Termasuk asal uang yang dititipkan kepada Malinda. Karena, Malinda diduga menangani 400 sampai 500 nasabah prioritas.

Arif mengaku Polri belum menerima hasil analisa PPATK atas nasabah-nasabah Citibank yang ditangani Malinda. "Sampai saat ini kami masih menunggu laporan dari PPATK," kata dia.

Sebelumnya, mantan Menteri Ekonomi, Fuad Bawazier menilai terdapat keanehan dalam kasus pembobolan dana nasabah Citibank oleh Malinda ini. Pasalnya, para nasabah terkesan takun-takut untuk melapor ke polisi. Sedangkan, tiga nasabah itu hanya melaporkan Malinda ke Citibank, bukan kepada polisi.

Bawazier menduga, para nasabah itu takut kepada Malinda jika melapor ke polisi. Karena, Malinda diduga memegang kartu as dari para nasabah Citibank itu. Selain itu, nasabah Malinda diduga juga orang-orang yang bermasalah. "Mereka itu takut ketahuan sumber uangnya dari mana, pajaknya. Apalagi berurusan dengan hukum di Indonesia mahal, ya sudah sedekah ke Malinda saja," kata Bawazier dalam sebuah diskusi di Jakarta kemarin.

Polisi sendiri menjerat Malinda dengan undang-undang pencucian uang. Namun, sejauh ini hanya tiga nasabah Malinda yang diperiksa terkait dugaan penggelapan dan pencucian uang oleh Malinda. (eh)

12 Konter Fast Track Imigrasi Arab Saudi Siap Layani Keberangkatan Jemaah Haji di Bandara Soetta
 Artis Senior Epy Kusnandar tertangkap atas kasus kepemilikan zat narkoba jenis ganja oleh Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Jumat 10 Mei 2024.

Sosok Epy Kusnandar, Aktor Multitalenta yang Terjerat Kasus Narkoba

Epy Kusnandar, aktor Indonesia yang dikenal luas lewat perannya di preman pensiun, baru-baru ini mengejutkan publik dengan kabar penangkapannya terkait kasus Narkoba

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024