Gubernur Bali: Otda Dipengaruhi Kepentingan

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika
Sumber :
  • Wima Saraswati/VIVAnews

VIVAnews - Gubernur Bali I Made Mangku Pastika melakukan refleksi perjalanan otonomi daerah, Hari Otonomi Daerah di Bali, 19 April 2011. Mangku Pastika menilai otonomi daerah masih dipengaruhi berbagai macam kepentingan.

Kepentingan itu pun dirasakan Mangku Pastika beragam, dari politik, ekonomi, sosial, hingga budaya.

"Pasang surut pelaksanaan otonomi daerah dipengaruhi dinamika politik, ekonomi, dan sosial. Berbagai permasalahan tata kelola pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan muncul sejalan dengan perkembangan global yang sangat cepat," kata Mangku Pastika di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar, Bali.

Tapi mantan Kapolda Bali ini mengaku optimis implementasi konsep otonomi daerah untuk mempercepat tercapainya kesejahteraan rakyat dapat berjalan lancar. Karena itu dia mengingatkan pentingnya tata-kelola pemerintahan yang baik.

"Pengelolaan manajemen publik secara transparan dan akuntabel. Dengan membuka ruang partisipasi publik sebesar-besarnya," ucap Mangku Pastika.

Pemerintah pun harus memosisikan diri sebagai pelayan masyarakat. "Itu kunci untuk mensukseskan otonomi daerah," ucapnya. (eh)

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Laporan: Bobby Andalan | Denpasar

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024