Libur Panjang, Kereta Argo Dwipangga Ditambah

Arus Balik H+3 di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang Paskah, sejak Jumat hingga Minggu mendatang, PT KA Daops VI Yogyakarta akan menambah satu rangkaian kereta kelas eksekutif KA Argo Dwipangga Ekstra yang akan mulai dioperasionalkan pada hari Minggu 24 April 2011 malam.

Sudah Groundbreaking, Kereta Cepat Masih Bermasalah

"Lonjakan penumpang kereta kita perkirakan mencapai 5 persen, sehingga kita menyiapkan kereta ekstra khsusus untuk kelas eksekutif," kata Eko Budianto, Kepala Humas, Daops VI Yogyakarta, Jumat 22 April 2011

Dengan tambahan satu rangkaian kereta Argo Dwipangga ini setidaknya akan mengangkut  360 penumpang atau delapan gerbong. Dimana dari delapan gerbong tersebut tidak semuanya diperuntukkan bagi penumpang.

Anggota DPR Minta Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditunda

"Gerbong nomor satu atau gerbong tepat di belakang loko dan gerbong nomor dua dari belakang tidak untuk penumpang, tapi untuk kereta barang. Ini untuk keamanan," tandasnya

Pengosongan dua gerbong seperti itu juga dilakukan untuk kereta kelas bisnis dan ekonomi ini, untuk memenuhi aspek keselamatan penumpang. Selain itu, juga untuk memberdayakan kereta barang.

Kereta Cepat, BPPT Tawarkan Rel Lebar

Lebih lanjut, Eko optimistis tambahan satu rangkaian kereta ekstra dan kereta reguler yang beroperasi sebanyak 11 rangkaian kereta mampu mengangkut lonjakan penumpang saat libur panjang weekend kali ini.

"Untuk harga tiket kelas bisnis dan eksekutif dengan tarif batas atas. Sedangkan kelas ekonomi tidak ada kenaikan harga," ia menjelaskan.

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta, umi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya