DPR Minta Pemerintah Pulangkan Jenazah Ruyati

Ilustrasi hukuman mati.
Sumber :

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie meminta Pemerintah Arab Saudi untuk kooperatif dalam upaya pemulangan jenazah Ruyati binti Sutabi, sesuai permintaan keluarga. Ruyati adalah tenaga kerja Indonesia yang dihukum mati setelah divonis bersalah pengadilan karena membunuh majikannya.

"Kalau mereka tetap mempertimbangkan hubungan baik selama ini, bagaimana (caranya) jenazah Ruyati ini dikirmkan ke Indonesia. Supaya sanak famili, paling tidak masih melihat jasadnya," kata Marzuki di Jakarta, Senin, 20 Juni 2011.

Karena itu Ketua DPR pun meminta sejumlah pihak untuk berusaha memulangkan jenazah Ruyati. Sejumlah instansi yang diminta Marzuki adalah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Luar Negeri, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), serta Kedutaan Besar RI di Arab Saudi.

Marzuki Alie kemudian mengatakan DPR akan memanggil sejumlah instansi terkait, dalam hal proses pemulangan jenazah. "Saya kira akan segera dilakukan pimpinan," kata dia.

Marzuki pun mengaku akan ikut berusaha membantu proses pemulangan jenazah. "Saya akan berusaha juga melalui diplomasi parlemen, saya akan menghubungi ketua parlemen Arab Saudi untuk ikut membantu agar jenasah dipulangkan ke Indonesia," ujar Marzuki.

Ruyati yang berpaspor RI AL 786899 itu diberangkatkan sekitar Oktober 2008 oleh PT Dasa Graha Utama, dari Jakarta ke Arab Saudi. Kemudian Ruyati disalurkan melalui agensi di negara tersebut, yaitu Ziarah Recruitment Office.

Setelah itu TKW asal Bekasi ini dipekerjakan pada keluarga Omar Mohammad Omar Halwani yang beralamat di Al Khalidiya, Mekkah. Masa kerja Ruyati terhitung selama satu tahun tiga bulan di keluarga majikan tersebut. (adi)

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024