Pukul 9 Pagi Ini SBY Umumkan Soal TKI

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi
Sumber :
  • Antara/ Noveradika

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini akan mengumumkan kebijakan pemerintah tentang Tenaga Kerja Indonesia. Berdasarkan agenda yang disampaikan Biro Pers Istana Kepresidenan, SBY akan menggelar konferensi pers pukul 9 pagi ini  di Kantor Presiden.

"Presiden akan bicara tentang kebijakan ketenagakerjaan. Akan dijelaskan keputusan-keputusan yang diambil beliau terkait masalah tenaga kerja," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Heru Lelono, saat dihubungi VIVAnews, Kamis, 23 Juni 2011.

Rabu malam kemarin, 22 Juni 2011, Presiden menggelar rapat dengan sejumlah menteri di Istana.  Rapat itu membahas soal masalah TKI yang ramai belakangan, setelah Ruyati dipancung di Arab Saudi.

"Seperti yang dibicarakan di Kongres ILO kemarin di Jenewa. Presiden kan meminta dunia internasional untuk ikut melindungi tenaga kerja," jelas Heru.

Apakah hari ini Presiden akan mengumumkan soal moratorium pengiriman TKI ke negara tertentu? "Kita ikuti saja, yang jelas membahas arahan yang telah diberikan sejak beberapa bulan lalu mengenai sejumlah negara yang dinilai belum menjalankan kerjasama ketenagakerjaan yang baik," jawab Heru.

12 Konter Fast Track Imigrasi Arab Saudi Siap Layani Keberangkatan Jemaah Haji di Bandara Soetta

Setelah rapat kabinet di Istana semalam itu. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa pemerintah akan menghentikan pengiriman TKI ke Arab Saudi mulai 1 Agustus 2011. Moratorium pengiriman TKI dilakukan hingga Arab Saudi menandatangani kesepakatan perlindungan TKI.

"Pemerintah memutuskan memberlakukan moratorium penempatan TKI non-formal ke Arab Saudi yang berlaku efektif sejak 1 agustus 2011 hingga MoU Indonesia – Arab saudi untuk perlindungan TKI ditandatangani dan terbentuknya joint task force kedua negara," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar .

 Artis Senior Epy Kusnandar tertangkap atas kasus kepemilikan zat narkoba jenis ganja oleh Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Jumat 10 Mei 2024.

Sosok Epy Kusnandar, Aktor Multitalenta yang Terjerat Kasus Narkoba

Epy Kusnandar, aktor Indonesia yang dikenal luas lewat perannya di preman pensiun, baru-baru ini mengejutkan publik dengan kabar penangkapannya terkait kasus Narkoba

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024