Polri Selidiki Dugaan Makar & Aliran Dana NII

Bendera dan pendiri NII, Kartosoewirjo
Sumber :
  • Facebook

VIVAnews --  Selain memanggil Panji Gumilang ke Mabes Polri terkait laporan mantan menteri Negara Islam Indonesia Imam Supriyanto atas tuduhan pemalsuan dokumen, polisi juga terus menyelidiki keterlibatan pemimpin pondok pesantren Al Zaitun ini terkait dugaan aliran dana ke Negara Islam Indonesia.

"Kalau ada penerimaan uang dari masyarakat kepada pengurus NII yang ada di Jateng, kan terungkap di sana. Ada aliran dana, ada rekening penampung. Itu akan ditelusuri lebih lanjut lagi," kata Kepala Bidang Penerangan Hukum, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar di Mabes Polri, 23 Juni 2011.

Boy juga mengatakan, polisi masih terus mengembangkan informasi-informasi mengenai makar NII. "Kami akan pelajari, kami akan kembangkan, apa saja informasi yang terkait kegiatan makar, sebagaimana yang diinformasikan oleh sumber informasi antara lain Imam Supriyanto," kata dia.

Untuk diketahui, Panji Gumilang hari ini tak memenuhi panggilan Mabes Polri.  Alasannya, hari ini di Al Zaytun ada kegiatan pengumuman hasil ujian kelulusan tingkat SMP. Sampai Sabtu depan, ia tak bisa diperiksa.

Mantan Menteri Negara Islam Indonesia, Imam Supriyanto melaporkannya dengan tuduhan pemalsuan dokumen Imam merasa diberhentikan secara sepihak dari kepengurusan Al Zaytun oleh Panji Gumilang dengan cara memalsukan tanda tangan dan akta yayasan.

Imam juga menjelaskan keterkaitan Panji Gumilang dengan Negara Islam Indonesia kepada Mabes Polri. Di NII, Imam pernah menjabat sebagai Menteri Peningkatan Produksi. Sedangkan Panji Gumilang disebut sebagai Imam atau Pemimpin NII.

Soal keterkaitan dengan NII, dibantah keras Panji Gumilang. Negara Islam Indonesia itu sudah selesai sejak Imam Sekarmaji Marijan Kartosoewiryo mengumandangkan proklamasinya, dengan tahun 1962 sudah selesai. Tidak ada. Selesai," kata dia. (umi)

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024