Putra Ba'asyir: Bomber Solo Bukan Anggota JAT

Putra Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rochim Ba'asyir
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews -- Misteri pelaku bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh Kepunton, Solo telah terkuak. Polisi memastikan, bomber itu adalah Pino Damayanti alias Ahmad Abu Daud alias Ahmad Yosepa Hayat alias Raharjo alias Hayat.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Anton Bachrul Alam mengatakan, Hayat adalah DPO kasus perusakan Alfamart dan Indomart di Cirebon. "Hayat juga termasuk salah satu anggota JAT (Jamaah Ansharut Tauhid) Cirebon," kata Anton. Sama seperti M Syarif -- bomber yang meledakkan diri di masjid Mapolresta Cirebon.

Dikonfirmasi, Juru Bicara JAT, Abdul Rahim Ba'asyir membantah. Kata dia, Hayat bukan anggotanya. "Selalu modusnya seperti itu, mengatakan pelaku bom anggota JAT. Demikian juga dengan M Syarif, kami tegaskan bukan, tapi polisi ngotot mengatakan anggota JAT," kata dia saat dihuungi VIVAnews.com, Selasa 27 September 2011. "Kami tak punya anggota yang seperti itu."

Ia menduga, penyebutan nama JAT untuk menutupi kekurangan aparat: kecolongan sampai bom meledak di Solo. "Jangan lempar batu sembunyi tangan, ini justru akan menurunkan kewibawaan Polri," kata dia.

Abdul menceritakan, pihaknya pernah mendatangi Polri, bertemu dengan Kadiv Humas Polri, Irjen Anton Bachrul Alam. Mereka meminta bukti, apa dasarnya polisi mengatakan M Syarif anggota JAT. "Sebab, kami yang punya catatan, bukan polisi. Saat itu hanya dibilang, berdasarkan laporan lapangan. Tapi tak jelas seperti apa," tambah putra Abu Bakar Ba'asyir itu.

Ia menjelaskan, pihaknya memiliki catatan semua anggota JAT di semua wilayah, termasuk mereka yang telah mengundurkan diri atau dipecat dari organisasi. Misalnya, kasus pimpinan pondok Umar bin Khattab (UBK) di Bima, Nusa Tenggara Barat, Abrori, yang jadi tersangka terorisme.

"Kami menyatakan saat itu, Abrori di Bima betul dulu anggota JAT. Kami nggak mau sembunyi tangan kok, pengecut sekali kalau seperti itu. Kalau ada anggota yang salah kami tindak," kata Abdul. Ia menambahkan, meski pernah jadi anggota JAT, pihaknya menolak dikaitkan dengan kasus Bima.

Jadi, apa yang akan dilakukan JAT, apakah akan kembali mendatangi Polri? "Kami sedang konsolidasi dengan pengurus, mungkin akan datang lagi (ke Polri). Meski, mungkin mendapat jawaban sama seperti waktu itu."

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024