VIDEO: Polisi Bekuk Wanita Pembobol Bank

Pemusnahan Uang Palsu di Bank Indonesia (BI)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – Petugas Satreskrim Unit Tindak Pidana Ekonomi dari Polrestabes Surabaya membongkar sindikat pembobol bank antarpulau. Salah satu anggota sindikat itu adalah seorang wanita bernama Erniawati.

Erniawati adalah warga asal Surabaya berusia 31 tahun. Ia punya banyak nama samaran, antara lain Leticia, Yeni, dan Siti. Erniawati ditangkap saat sedang mencairkan dana di Bank Mandiri Surabaya.

Dalam sindikat pembobol bank itu, Erniawati bertugas menyiapkan rekening baru untuk menampung uang curian yang dikirim dari teman sindikatnya di Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk membuat rekening di suatu bank, Erniawati menggunakan berbagai identitas palsu.

Teman Erniawati di Makassar bertugas sebagai kasir di sebuah bank. Sebagai kasir, rekan Erniawati mudah saja mencuri data nasabah dari kartu kredit atau kartu debit. Apalagi mereka mempunyai alat yang disebut skimmer, yaitu alat untuk mengopi data milik nasabah.

Begitu mengantongi data curian nasabah, sindikat itu pun langsung mencetak kartu kredit dan kartu debit palsu. Uang dari rekening berbagai nasabah bank pun bisa dibobol dan dikirim dalam sekejap ke Makassar, Surabaya, dan Bali.

Sejauh ini, sindikat pembobol bank itu telah sukses menggasak uang dari 11 rekening nasabah dengan nilai total Rp320 juta. Jadi, ada baiknya pemilik kartu kredit atau kartu debit tidak bertransaksi tanpa pengawasan. Lengah sedikit, bisa-bisa data Anda di kartu dicuri lewat alat skimmer.

Ingin lihat bagaimana perilaku Erniawati si wanita pembobol bank saat ditangkap polisi? Klik saja di sini. (ren)

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024