Letusan Gunung Gamalama

Penerbangan Manado-Ternate Kembali Dibuka

Gunung Gamalama dilihat dari Kota Ternate, Maluku Utara
Sumber :
  • Antara/ John Nikita

VIVAnews - Jalur penerbangan komersil Manado-Ternate kembali dibuka hari ini. Selama sepekan, jalur ini sempat ditutup akibat letusan Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara.

"Penerbangan dari Bandara Sam Ratulangi Manado ke Sultan Babullah, Ternate, telah dbuka sejak tadi pagi, Wings Air sudah berangkat ke Ternate tadi," kata Asisten Manager Komunikasi Penerbangan dan Penerangan Aeronotika (Kompenrangtika) PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, Zuhron Navani.

Zuhron mengatakan, ada tiga maskapai yang melayani rute penerbangan dari Manado ke Ternate setiap hari, yakni Garuda, Wings Air dan Sriwijaya.

Seiring pembukaan jalur penerbangan itu, aktivitas di bandara Sam Ratulangi juga mengalami peningkatan menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Peningkatan keamanan terlihat dari satuan TNI dan kepolisian.

Inspektur Satu Polisi, yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Kilion Landangkasiang  mengatakan, membenarkan bahwa kepolisian setempat telah menambah pasukan khusus di bandara dengan sistem pengamanan terbuka dan tertutup.

"Kami menempatkan personil di lokasi-lokasi yang dianggap rawan dan terus berkoordinasi dengan pihak TNI-AU serta instansi terkait," kata Kilion

Terkait lonjakan aktivitas di bandara yang terlihat, Zuhron menambahkan, "Peningkatan terjadi hanya kepada penumpang yang masuk (datang). Dan maaf, karena bertepatan hari ini (Minggu) saya belum bisa memberikan data persentase lonjakannya," lanjut Zuhron. (ren)

Laporan: Roger Wenas| Sulawesi Utara

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024