Tipu CPNS, Wanita Ini Sebut Nama Pejabat

Pegawai negeri sipil (PNS) saat bersiap ikut upacara beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Feri Purnama

VIVAnews - Elizabeth Susanti (37), tersangka penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Surabaya yang sempat buron, mengaku penipuan yang dilakukannya melibatkan pejabat dan seorang petinggi partai.

Pejabat yang dimaksud, menurut pengakuannya berasal dari lingkungan Pemprov Jatim. Ia juga menyebut keterlibatan tokoh partai besar. Saat ditanya alasan melarikan diri dari Kejari Surabaya, dirinya mengaku karena ada yang menyuruh dan dibiayai tokoh parpol.

"Pokoknya ada. Kalau kalian mau tahu saya sebutkan inisialnya A, dia orang partai," kata Elizabeth di Polrestabes Surabaya, Kamis, 22 Desember 2011.

Terkait penipuan CPNS, wanita ini menyebut atas suruhan pejabat tinggi di Provinsi Jatim. Ia juga mengaku kerap memberikan setoran uang tunai.

"Sering saya kirim uang ke R. Jumlahnya ada yang Rp10 miliar," kata wanita yang mengaku merupakan aktivis Laskar Cinta SBY.

Sebelumnya, Elizabeth Susanti menjadi tahanan Kejari Surabaya atas dakwaan penipuan dan penggelapan. Ia dilaporkan memungut sejumlah uang dari para calon dengan janji bisa diterima sebagai PNS di lingkungan Provinsi Jatim.

Namun, janji yang diucapkan tidak pernah terwujud. Hingga akhirnya, ia ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Namun, ia sempat kabur dan kembali ditangkap Polrestabes Surabaya pada Rabu malam, 21 Desember 2011 di Jakarta.

Menanggapi hal ini, Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Coki Manurung, tak banyak memberikan penjelasan. "Kalian kalau mau jelas, silakan tanya saja sendiri ke yang bersangkutan. Maaf, saya tinggal ya, saya sibuk," katanya. (Laporan: Tudji Martudji | Surabaya, art)

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik
Ilustrasi memasak.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Tradisi hantaran di Indonesia merupakan kebiasaan bertukar hadiah makanan atau barang lainnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, kasih sayang, dan penghargaan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024