PPATK: Banyak Pihak Terlibat Kasus Nazaruddin

Yulianis Bersaksi di Sidang Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Wakil Ketua Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Agus Santoso mengatakan kasus suap pembangunan wisma atlet SEA Games yang melibatkan mantan Bendahara Umum Demokrat, Muhammad Nazaruddin sangat kompleks. Laporan Hasil Analisis (LHA) transaksi keuangan yang dilakukan PPATK dalam kasus ini menunjukkan bahwa banyak pihak yang terlibat.

"Kasus itu sangat complicated," kata Agus di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin 20 Februari 2012.

Akan tetapi Agus menegaskan bahwa LHA PPATK itu memerlukan penyelidikan lebih lanjut agar data itu bisa dibawa ke pengadilan. "Semuanya hasil analisis, masih inteljen," kata dia.

Agus memberikan apresiasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melakukan penuntutan kumulatif pada Muhammad Nazaruddin. Dengara cara itu, katanya, semua orang yang menerima aliran dana dalam kasus ini bisa diseret. "Jadi, bisa jadi trigger penegakan hukum di Indonesia," jelasnya.

Sebelumnya, PPATK menyatakan ada 151 transaksi keuangan yang mencurigakan dalam kasus ini. Transaksi itu milik Nazaruddin dengan sejumlah pihak. PPATK mencatat, transaksi itu tidak hanya dilakukan melalui perbankan, tapi juga dilakukan secara cash.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024