Serangan Anjing Liar Resahkan Warga Yogya

Krisis di Mauritania
Sumber :
  • REUTERS/Susana vera

VIVAnews - Serangan anjing liar terhadap binatang ternak membuat cemas warga di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Anjing-anjing liar itu telah memangsa puluhan ternak kambing milik warga.

"Warga yang memiliki kandang di ladang mulai memindahkan kambingnya tak jauh dari rumah agar tidak menjadi sasaran anjing liar tersebut," kata Sudiyono, warga Purwodadi, Rabu 4 Juli 2012

Warga memindahkan kandang itu ke dekat rumah mereka agar bisa mengawasi kambing-kambing itu. Mereka tidak ingin menanggung kerugian yang lebih besar lagi. Sebab, dalam sepekan belakangan, sekitar 30 kambing mati dimangsa binatang yang disebut warga sebagai 'anjing grandong' ini.

Alasan Tengku Dewi Tega Bongkar Perselingkuhan Andrew Andika: Aku Pikir Khilaf Tapi Kok Keterusan

"Kalau mati, peternak tak dapat menjual daging kambing tersebut. Jikapun ada yang bersedia membeli, harganya sesuai keinginan dari pembeli," tutur Sudiyono.

Sejatinya, kejadian ini bukan pertama kali. Tahun 2011 yang lalu, anjing-anjing liar ini juga mengamuk, menyasar ternak warga. Saat itu, anjing-anjing grandong ini memangsa sekitar 70 kambing warga.

Tak hanya memindah kandang. Warga juga melakukan ronda malam selama sepekan terakhir, karena kebanyakan anjing-anjing liar itu bergentayangan pada malam hari.

Usaha ronda membuahkan hasil. Sekitar 15 anjing liar dihabisi warga. Namun, masih banyak kawanan anjing liar yang hidup di perbukitan. "Kita sulit untuk memburu anjing tersebut karena kalau siang hari anjing liar itu bersembunyi di bukit-bukit dan baru keluar saat malam hari," kata Sudiyono.

Sementara itu, Kabag Keamanan Desa Purwodadi, Suyanto mengatakan pihaknya telah turun tangan untuk memberantas anjing liar yang merugikan peternak kambing. Dia mengimbau warga yang punya anjing untuk sementara tidak dibiarkan berkeliaran agar tidak terjadi salah tembak. "Setiap malam kita bekerja memberantas anjing liar," kata Suyanto. (eh)

Film ‘Guru Tugas’ Tuai Kecaman di Madura, Polda Jatim Tangkap 3 Orang Konten Kreator
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview

Dikabarkan Bakal Jadi Menkeu, Budi Gunadi Jawab Pingin Jadi Menteri Penerangan

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membuka suara tentang dia yang dikabarkan bakal menjadi menteri keuangan dalam kabinet pemerintahan baru.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024