42 Titik Pasar Tumpah yang Ganggu Pemudik

Ilustrasi/Arus kendaraan di Jalur Pantura
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Para pemudik diingatkan mewaspadai keberadaan pasar tumpah. Selain sebagai titik kemacetan utama, keberadaan pasar tumpah seringkali memakan korban jiwa saat mudik lebaran. 

Kepada Dinas Perhubungan Jawa Barat Dicky Sahromi mengatakan, ada 42 titik pasar tumpah di Jawa Barat yang harus diwaspadai pemudik.

"Pasar tumpah ini tersebar di beberapa titik, di antaranya lintas utara, 9 titik di lintas tengah dan 5 titik di lintas selatan. Sedangkan 11 titik lainnya tersebar di berbagai jalur mudik Jawa Barat,” kata Dicky, Kamis 9 Agustus 2012.

Ia menejelaskan beberapa titik pasar tumpah yang rawan dan selalu terjadi kecelakaan di lokasi itu setiap tahunnya berada di wilayah Tegal Gubug dan Palimanan di jalur mudik pantai utara Jawa Barat. Sedangkan untuk jalur tengah berada di kawasan Tanjung Sari. Untuk kawasan di wilayah lintas selatan diantaranya kawasan  limbangan, Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Cianjur, Aban Sobandi menambahkan, titik rawan pasar tumpah dari arah Bogor ke Cianjur berada di wilayah pasar Cipanas. Sedangkan dari arah Sukabumi titik pasar tumpah ada di kawasan Gekbrong dan Warung Kondang.

Untuk wilayah Jonggol yang masuk dari  Cileungsi berada di kawasan Cariu. Sedangkan dari arah Bandung pasar tumpah akan terpusat di pasar Ciaranjang setiap tahunnya.

"Saya terus berkoordinasi dengan Dinas Pasar dan Kepolisian untuk mengawasi kawasan ini," katanya.

Selain keberadaan pasar tumpah, kondisi ruas jalan bergelombang di sejumlah titik perlu diwaspadai. Seperti di ruas jalan Subang-Cikamurang-Cijelag di jalur tengah.

Ada juga ruas jalan yang masih dalam tahap konstruksi, seperti di Cikamurang, lalu di perbatasan Jabar-Jateng. Sementara untuk jalur Selatan Jabar, tergolong paling layak. Salah satunya Gentong, siap dilalui pemudik.

Ia juga memaparkan dari total panjang jalan 9.000 km di kabupaten Cianjur, 5.000 km dipastikan dilalui para pemudik setiap tahunnya. Para pemudik berasal dari kawasan Jakarta menuju Bandung dan selanjutnya ke kota tujuan di wilayah selatan Jawa Barat. Pada arus balik, pemudik melintas kembali ke kawasan Jakarta dan Banten.

Saat ini, lanjutnya, dari 5.000 km jalur mudik yang ada di Kabupaten Cianjur, kondisinya 70 persen sudah siap dilalui. Sisanya masih bisa dilalui namun kurang nyaman bagi para pemudik.

"Kami terus koordinasi dengan pihak Bina Marga untuk sesegera mungkin menyelesaikan perbaikan jalan, paling lambat pada H-7," tuturnya. (umi)

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024