Sopir Bus Mabuk Diusir dari Terminal Bandung

Pemudik di Terminal Lebak Bulus
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Guna mencegah terjadinya faktor kecelakaan akibat ulah manusia (human error), terminal Cicaheum Bandung yang merupakan terminal pemberangkatan dari Bandung ke arah Jateng dan Jatim, menggelar tes urine bagi para sopir bus.

Tes urine yang digelar kemarin tersebut, hasilnya cukup mencengangkan. Pihak terminal pun langsung mengambil tindakan dengan mengeluarkan dua sopir yang terindikasi terkena alkohol dan obat-obatan terlarang.

"Alhamdulillah sore kemarin kami menggelar tes urine, di mana 50 sopir kami tes. Dari hasil yang diambil sampel urinenya kemarin sore, ditemukan 5 sopir yang dinyatakan tidak laik jalan untuk mengendarai bus saat musim mudik ini," papar Kepala Terminal Cicaheum Jujun Juanda  saat jumpa pers di terminal Cicaheum Bandung, Selasa 14 Agustus 2012.

Jujun menyatakan, dari 5 sopir yang dilarang mengemudi ini. Petugas menemukan adanya penggunaan alkohol, obat-obatan serta faktor usia dan kesehatan.

"Dua sopir memang dalam pengaruh alkohol sehingga langsung kami usir atau dipulangkan pagi ini, status sopir itu sendiri merupakan sopir cadangan, dan tiga lagi terkena gejala darah tinggi karena faktor umur yang sudah uzur," ungkap Jujun.

Terminal Cicaheum Bandung, selama masa arus mudik lebaran tahun 2012 ini melakukan tes kesehatan serta tes kelaikan jalan kendaraan.

"Kami lakukan pencegahan terhadap sopir yang disinyalir terkena pengaruh obat-obatan dan alkohol,  serta mengawasi kendaraan yang akan berangkat setiap harinya," terang Jujun.

Hingga H-5 menjelang lebaran, jumlah keberangkatan di terminal Cicaheum Bandung ini baru meningkat sekitar 10 persen dari hari biasa.

"Di H-7 pada hari Minggu diberangkatkan 329 bus dengan jumlah 4.586, sedangkan Senin kemarin sekitar 325 bus dengan jumlah penumpang 4.422," tutur Jujun. (umi)

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung

Susunan Pemain Indonesia Vs Hong Kong di Uber Cup 2024

 Indonesia vs Hong Kong akan menjadi sajian di Uber Cup 2024. Bertanding di Chengdu, China pada Sabtu siang WIB 27 April 2024, berikut susunan pemain untuk pertandingan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024