Densus Kembali Tangkap Pelaku Peledakan Mapolres Poso

Densus 88 menyergap terduga teroris makassar
Sumber :
  • ANTARA/Yusran Uccang
VIVAnews -
Identitas Korban Meninggal Kecelakaan Bus Pelajar Depok di Subang
Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri kembali menangkap terduga teroris di Poso, Sulawesi Tengah, Minggu kemarin, 22 Desember 2013. Rudianto alias Faisal (26 tahun) ditangkap karena terlibat dalam kasus dugaan peledakan di Mapolres Poso pada Juni 2013 lalu.

Niall Horan Meleleh Bacakan Tulisan dari Penggemar, Ada yang Sampai Absen Rapat sama Bos!

"Rudiyanto alias Faisal ditangkap Densus 88 bersama tim Polda Sulawesi Tengah," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, Senin 23 Desember 2013. 
Bey Machmudin Sampaikan Duka Mendalam Atas Kecelakaan Bus di Subang


Sebelumnya, pada 18 Desember 2013, Polri telah menangkap Adnan alias Nan (27 tahun). Adnan diduga terkait kasus peledakan bom di Mapolres Poso.


Boy menjelaskan, Rudianto diduga berperan sebagai pihak yang mengantarkan Zainur Arifin, pelaku bom bunuh diri Mapolres Poso. Ia mengantarkan Zainur hingga ke Pasar Sentral, Poso. Setelah itu, keduanya berpisah di pasar tersebut.


"Rudianto juga merupakan kurir Santoso di bidang logistik, mengambil bahan peledak dan melakukan pencurian kendaraan bermotor untuk fa'I (Kegiatan Perampokan Untuk Pendanaan Kegiatan Teror)," jelasnya.


Santoso merupakan pimpinan dari kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur. Ia adalah buronan Densus 88. Tokoh kelompok ekstrimis ini diduga terlibat dalam sejumlah kasus teror di kawasan timur Indonesia.


Menurut Boy, selain terkait kasus peledakan Mapolres Poso, Rudianto diduga turut berperan dalam aksi peledakan bom di salah satu Pos Polisi Lalu Lintas di Poso. Diduga, perannya dalam kasus tersebut sebagai perakit bom dengan Zipo.


"Dia juga diduga sebagai peserta Tadrip Askari gelombang pertama di Pegunungan Biru, Poso pada 2010-2011," kata Boy.


Sementara itu, Adnan diduga juga sebagai pelaku pencurian untuk pencarian dana (fa'i) dan pengantar logistik kelompok Santoso. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya