Butuh Rp25 Miliar untuk Perbaikan Rumah Rusak Terdampak Abu Kelud

Dampak letusan Gunung Kelud
Sumber :
  • ANTARA/Sahlan Kurniawan
VIVAnews - Pemerintah membutuhkan dana sebesar Rp25,95 miliar untuk perbaikan 8.452 rumah di Kabupaten Kediri, Blitar, Malang, yang rusak karena terdampak erupsi Gunung Kelud. Estimasi biaya berdasarkan asumsi Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni sebesar Rp6 juta per rumah.
Janji Jadi MC di Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Raffi Ahmad Rela Terbang dari Afrika

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hal itu diperoleh berdasarkan rapat koordinasi pada Minggu malam, 23 Februari 2014, di Gedung Grahadi Surabaya.
Bongkar Kecacatan Produksi Boeing 737 Max, 2 Orang Pelapor Tewas Misterius

"Sejauh ini BNPB sudah memberikan bantuan dana siap pakai Rp4 miliar dan bantuan logistik peralatan senilai Rp3,8 miliar," kata Sutopo dalam rilis yang diterima VIVAnews.
Valentino Rossi Tak Sabar Mengaspal di Le Mans

Lebih lanjut ia merinci, sebanyak 3.896 jiwa masih mengungsi, yaitu di Kabupaten Kediri 1.765 jiwa, Kabupaten Malang 1.879 jiwa, Kabupaten Jombang 252 Jiwa. Sedangkan, sebanyak 79.778 jiwa pengungsi sudah pulang ke rumah.

Saat ini telah tersedia pemenuhan air bersih di tempat pengungsian Kabupaten Kediri sebanyak 57 unit hidran umum, dan saat ini tersedia 45 unit yang akan dipasang di lokasi pengungsi yang sudah kembali ke rumah. Untuk mengisi air bersih dilayani 11 truk tanki air oleh PDAM. 

Kemudian, di Kabupaten Malang sudah terpasang 50 unit hidran umum yang dilayani 23 truk tanki air oleh PDAM Kabupaten Malang. "Pemenuhan MCK tahap Paska Bencana Kemenpera akan membantu MCK Komunal sesuai kebutuhan lokasi kelompok rumah," ujar Sutopo.

Sutopo mengatakan, longsor pada badan jalan sepanjang 50 meter di jurusan Malang-Kediri lewat Ngantang sempat membuat lalu lintas terganggu. Namun, penanganan darurat dengan pemasangan bronjong telah dilakukan.

Untuk bidang pengairan akan dilakukan perbaikan pada enam buah kantong lahar untuk mengurangi risiko bencana. Perbaikan dan pengerukan waduk Siman juga dilakukan. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya