Tabrakan di Malaysia, Kepulangan Tim Jupiters Disambut Haru

Bendera merah putih dan pesawat
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Enam pesawat  KT-1B Woong Bee yang digunakan Tim Aerobatik Jupiter tiba Lanud AdiSutjipto, Yogyakarta, Rabu, 18 Maret 2015. Kedatangan Tim Jupiter yang batal melakukan atraksi di Langkawi, Malaysia, itu langsung disambut oleh Wakil Komandan (Wadan) Komando Pendidikan (Kodik) TNI AU, Marsma Asep Adang Supriadi.

8 Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia

Enam pesawat yang tiba di Lanud Adi Sutjipto sekitar pukul 09.50 WIB setelah take off dari Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta sekitar pukul 08.53 WIB. Keenam pesawat yang diterbangkan dari Jakarta dengan dipimpin Letkol Pnb Ferri Yunaldi sebagai Jupiters 1.

Kemudian Kapten Pnb Idam Satria Utomo di Jupiter 2, Kapten Pnb Made Yogi Indra Jupiter 3 dan Mayor Pnb Putu Sucahyadi di Jupiter 4. Sementara dua pesawat sisanya yang berstatus sebagai pesawat cadangan diterbangkan dua Jupiters lainnya.

Suasana haru pun sempat terekam ketika para keluarga menyambut kedatangan para penerbang andalan TNI AU tersebut. Salah satunya saat istri dari Mayor Pnb Putu Sucahyadi yang menangis dipelukan suaminya setibanya mendarat di Lanud Adisutjipto

Selain rombongan penerbang, dengan menggunakan pesawat Hercules, dua puing pesawat Jupiters 5 dan 6 yang terlibat insiden juga sudah tiba di pangkalan.

Sementara siang harinya sebuah pesawat Hercules yang membawa seluruh ground crew The Jupiters juga tiba di home base.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Yadi I Sutanandika, salah satu pilot pesawat yang mengalami kecelakaan, mengaku mengalami luka retak dipinggang sehingga perlu alat bantu.

Pilot Helikopter Angkatan Udara Amerika Tewas Kecelakaan di Kuwait

Adapun tiga penerbang lainnya hanya mengalami luka lecet akibat terkena pecahan kaca kanopi kokpit saat melontar keluar dari pesawat.

"Mungkin posisi saya agak condong maju saat akan terlontar sehingga menyebabkan sedikit retak di pinggang. Tapi hanya mengganggu otot, bukan syaraf," kata Marsma Yadi, Rabu 18 Maret 2015.

Sementara itu Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londong Allo mengatakan untuk empat penerbang yakni Mayor Pnb Sri Raharjo (Jupiters 5) dan Mayor Pnb Humaidi Syarief Romas (Jupiters 6) dan Letkol Pnb Arif Hartono serta Danlanud Marsma TNI Yadi I Sutanandika sudah berada di Jogja sejak kemarin 17 Maret 2015.

"Semuanya yang terlibat insiden dalam keadaan selamat dan masih menjalani pemulihan," ujar Mayor Sus Hamdi. (ren)

![vivamore="
Pesawat Lionair Jatuh di Manila, 8 Orang Tewas
Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya