Jemput ABK di Ambon, Thailand Bawa Pesawat Militer

Delegasi Thailand Kitti Ariyanon mendata ABK di Ambon, Rabu (8/4/2015)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Angkotasan
VIVA.co.id
Hanyut, Dua Warga Filipina Ditemukan Selamat di Kalimantan
- Sebanyak 68 orang Anak Buah Kapal (ABK) asal Thailand akan dipulangkan ke negara asalnya pada Kamis 9 April 2015. Jika tidak ada halangan, petang ini Rabu 8 April 2015, pesawat militer milik Thailand akan datang menjemput.

Sembilan Nelayan Jawa Tengah Gugat Menteri Susi

Anggota tim delegasi pemerintah Thailand, Kitti Ariyanon, enggan merinci jelas alasan pemulangan para ABK tersebut apakah berkaitan dengan isu perbudakan di Benjina, Kepulauan Aru.

"Ada 68 ABK, 10 di antaranya rombongan yang akan dipulangkan ke Thailand, sebelumnya diberangkatkan dari Tual. Dari 10 orang itu, delapan ABK berasal dari Benjina, satu di Aru dan satu lagi di Tual," ujar Kitti, Rabu 8 April 2015.

Menurut Kitti, direncanakan juga Dubes Thailand untuk Indonesia akan datang ke Ambon dan ikut mengawasi pemulangan para ABK ini ke Thailand. "Sore ini, Dubes akan tiba di Ambon," ujarnya.

Para ABK ini akan diterbangkan ke Thailand dengan menggunakan pesawat militer Thailand. Pesawat tersebut sudah melakukan perjalanan ke Lanud Pattimura, Ambon, dan jika tidak ada hambatan sore ini Waktu Indonesia Timur, akan tiba di Ambon.

Dari pantauan VIVA.co.id, pemerintah memberikan kaus khusus berwarna pink kepada para ABK yang akan dipulangkan. Ada di antara mereka yang sudah bekerja selama tujuh tahun di laut Maluku. (art)

![vivamore="
Dituduh Tak Berizin, Nelayan di DIY Didenda Rp2 Miliar
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya