Pemerintah Percepat Pembentukan Pansel Pimpinan KPK

Usai di Lantik, Plt Pimpinan Kpk Gelar Jumpa Pers di KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly, mengatakan pemerintah akan segera mempercepat pembentukan panitia seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Langkah ini ditempuh setelah Komisi III DPR menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) pimpinan KPK menjadi rancangan undang-undang meski dengan banyak catatan.

"Iya, artinya memang sudah waktunya. Kami akan segera bentuk, tapi saya harus konsultasi dengan Presiden dahulu," kata Yasonna di Gedung DPR, Jakarta, Senin 20 April 2015.

Menurut Yasonna, pembentukan panitia seleksi pimpinan KPK ini sebenarnya sudah sejak lama dibicarakan oleh Presiden Jokowi. Meski demikian, dia belum bisa memastikan kapan pembentukan pansel itu akan dilakukan.

"Dalam waktu dekat ini," kata Yasonna.

Yasonna melanjutkan seluruh pimpinan KPK sekarang termasuk tiga orang yang diangkat melalui perppu akan segera berganti. Menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu memperkirakan pergantian akan dilakukan pada akhir tahun. "Mungkin sekitar bulan September," kata Yasonna. (ase)

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024