Hati-hati Merica Palsu

Merica asli yang dicampur merica palsu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat
VIVA.co.id
Gara-gara Uang Rp30 Ribu, Tukang Ojek Ini Cekik Istrinya
- Warga Kampung Cicageur, Desa Padasuka, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, geger menemukan merica yang diduga palsu telah menyebar di sejumlah daerah. Merica palsu tersebut bercampur dengan merica asli dalam satu kemasan plastik kecil.

Kepala Desa Dianiaya Polisi, Kantor Polsek Nyaris Dibakar

Menurut salah seorang warga Kampung Cicageur, Nanang Mulyadi, warga sudah menemukan merica yang diduga palsu tersebut sejak seminggu terakhir, dengan ciri-ciri bahwa merica palsu lebih keras, sementara merica asli sedikit lembek.
Gempa Garut Juga Terasa Hingga Jakarta


"Sudah seminggu lebih warga di sini menemukan merica yang diduga palsu dalam plastik dari warung tempat belanja," ujar Nanang, Kamis 4 Juni 2015, kepada wartawan.


Dia menuturkan, antara merica asli dan palsu berada dalam satu kemasan, biasanya berjumlah sekitar 25 butir, 10 butir merica asli dan 15 butir merica palsu.


"Merica palsu memang bentuknya berbeda dengan merica pada umumnya, secara kasat mata juga terlihat," ungkap Nanang.


Lanjut Nanang, sejauh ini pihaknya baru melaporkan temuan tersebut kepada ketua rukun warga setempat. Merica palsu dapat dengan mudah ditemukan dari warung-warung di kampung Cicageur.


"Memang ini sudah menyebar di warung. Sejauh ini warga sendiri tidak ada yang mengeluh apa-apa setelah dipergunakan untuk bumbu masakan," kata Nanang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya