Baru Dua Orang Mendaftar Jadi Calon Pimpinan KPK

Ketua Pansel KPK Destri Damayanti
Sumber :
  • VIVA/Nila Chrisna
VIVA.co.id
Busyro Siap Uji Kepatutan dan Kelayakan untuk Kedua Kalinya
- Pendaftaran calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai dibuka sejak hari ini, Jumat 5 Juni 2015. Panitia seleksi membuka pendaftaran selama 20 hari atau sampai 24 Juni 2015.

'Menggantung' Calon Pimpinan KPK

Juru bicara pansel, Betti Alisjahbana, menyebut setelah pendaftaran dibuka, sudah ada dua orang yang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan lembaga anti rasuah itu.
Pansel: Pimpinan KPK Tak Harus Jaksa dan Polisi


"Sudah ada yang daftar. Di sekretariat ada satu orang, melalui jalur online satu orang, jadi ada dua orang. Itu sampai pagi ini," kata Betti saat dikonfirmasi.


Dia optimistis akan banyak yang mendaftar untuk menjadi pimpinan KPK. Namun diprediksi pendaftar baru akan banyak jelang ditutup. "Biasanya di belakang banyak (yang daftar). Orang mesti bikin makalah dulu, tapi baguslah," ujar Betti.


Dia menambahkan, tidak hanya menunggu pendaftar, Pansel juga akan melakukan upaya jemput bola terhadap pada pendaftar. Upaya tersebut dilakukan dengan mendatangi dan mengajak para pihak yang dianggap layak dan berkompeten untuk ikut dalam seleksi tersebut.


Menurut Betti, dalam melakukan upaya tersebut, pihaknya juga melibatkan kelompok-kelompok masyarakat untuk aktif mendukung orang yang dianggap memenuhi syarat dan kriteria untuk mendaftar.


"Kami berharap masyarakat untuk mendorong mereka yang memenuhi kriteria agar mau mengikuti proses seleksi. Karena keberhasilan kami itu sangat ditentukan pada kualitas dan kuantitas yang mendaftar," ujarnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya