Menag: Umat Islam Indonesia Puasa Serentak

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai
- Kementerian Agama RI telah mengumumkan bahwa awal Ramadhan 1436 H jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015. Keputusan ini disampaikan setelah menggelar sidang isbat. Dari 36 titik pemantauan hilal, pada hari ini tidak ada satupun yang melihat hilal.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

"Karenanya atas dasar itulah, seluruh peserta sidang isbat bisa menyepakati hilal tidak bisa dilihat, hilal tidak tampak, maka bulan Syaban saat ini digenapkan menjadi 30 hari," ujar Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, Selasa, 16 Juni 2015.
Lebaran, Pendapatan MNC Toll Road Meningkat Rp2 Miliar


Ditambahkan Lukman Hakim, dengan hasil ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan puasa dengan serentak. "Kita dapat melaksanakan puasa dengan serentak. Ini cerminan kebersamaan umat Islam, bisa terus terbangun, berbagai persoalan bisa dihadapi disikapi dan dijalani secara bersama-sama," katanya.


Cara pandang yang sama untuk menentukan kriteria hilal kata Lukman Hakim, hingga saat ini terus dibangun dan diupayakan. Karenanya, dia sangat bersyukur karena ada semangat yang sama itu.


"Saya sangat bersyukur kita punya semangat yang sama ke arah itu. Bahwa upaya cara pandang kita menentukan krikeria hilal terus kita upayakan, harus diharga dan disyukuri bahwa semangat kehendak keinginan cara pandang ini terbangun," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya