Gaya 'Parlente' Kapolda Sumsel, Pantau Arus Balik Pakai BMW

Kapolda Sumatera Selatan, Inspektur Jenderal Iza Fadri
Sumber :
  • VIVA.co.id / Aji YK Putra (Palembang)

VIVA.co.id - Kapolda Sumatera Selatan, Inspektur Jenderal Iza Fadri memantau langsung arus balik di jalur lintas Timur dengan menggelar patroli, Kamis, 23 Juli 2014.

Kepadatan Lalu Lintas Arus Balik Diperkirakan Setelah Magrib

Namun, pemantauan kali ini terbilang unik, lantaran Kapolda bersama Dirlantas Polda Sumsel menggunakan Motor Gede (Moge) jenis BMW 1200. Iza, yang sehari-hari selalu mengenakan seragam dinasnya, tampak berbeda saat menggelar patroli. Dia seakan tak ubahnya seperti anggota lalu lintas. Iza mengenakan rompi hijau dan moge seperti anggota lalu lintas yang tengah menggelar patroli.

Helm yang menutupi sebagian besar bagian kepalanya seakan menambah kesan perwira polri nomor satu di Sumsel ini seperti anggota polisi lalu lintas. Dengan menggunakan jenis kendaraan yang sangat jarang ia gunakan, Iza cukup merasakan perbedaannya.

Tahun Baru Hampir 400 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Cikampek

Dia merasakan bagaimana panasnya sengatan matahari di tengah hari hingga menghirup debu di jalanan. Selama ini, Iza setiap kali bepergian selalu megendarai mobil, entah mobil dinas atau mobil pribadi.

Dalam patroli arus balik lebaran ini, Iza didampingi Dirlantas Polda Sumsel dan bergerak secara konvoi. Ada iring-iringan sirine dari mobil patroli lalu lintas di depan dan belakang moge yang dikendarai Iza. Ada juga sejumlah anggota komunitas Motor Besar Club (MBC) yang ikut dalam patroli. Rombongan ini mendatangi Jalan Lintas Timur (Jalintim) hingga ke kawasan Desa Sembawa Banyuasin.

"Ingin merasakan bagaimana rasanya kalau mudik naik motor. Rupanya, memang jauh berbahaya kalau berjalan jauh dengan naik motor," kata Iza, dengan nafas yang masih tersengal-sengal saat turun dari moge yang ia kendarai.

100 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta Malam Ini

Dari hasil pengamatan di lapangan selama kurang lebih lima jam, Iza berendapat masih ada sejumlah jalan yang rusak dan berlubang. Ia juga mengatakan ada jalan yang ukuranya sangat sempit sehingga berpotensi ada penumpukan kendaraan.

Selain mengamati jalan, ia juga melakukan pengawasan secara langsung ke sejumlah pos pengamanan Operasi Ketupat di wilayah Jalan Lintas Timur Sumsel. Iza bersyukur, dari sidak mendadak yang ia lakukan, anggotanya masih berada di setiap pos meski momen Lebaran sudah hampir berakhir. Ia memerintahkan, anggota untuk terus berada di pos pengamanan hingga arus balik berakhir.

"Kita prediksi akhir arus balik ada Sabtu 25 Juli atau Minggu 26 Juli  nanti. Untuk itu, anggota wajib terus menempati pos pengamanan sesuai wilayah tugas masing-masing," kata Iza.

Mengantisipasi lonjakan penumpang di kawasan-kawasan macam stasiun atau terminal, Iza mengatakan, sejumlah anggota Polri sudah ditempatkan di sana.

"Mereka mengamankan lokasi dengan bersiaga di pos yang sudah disediakan. Selaras dengan arus balik yang lancar, situasi keamanan di kawasan-kawasan ramai ini juga tetap kondusif," kata pria berpangkat bintang dua ini.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya