Jokowi: TNI dan Rakyat Seperti Ikan dan Air

Presiden Jokowi saat dinobatkan sebagai warga kehormatan TNI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo ikut merayakan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 70 di Balaraja Barat, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin 5, Oktober 2015.

Dalam pidatonya, Jokowi menegaskan bahwa TNI adalah bagian dari rakyat. TNI dilahirkan oleh rakyat. Bahkan, kata dia, Panglima Besar Jenderal Sudirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

"Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI," kata Jokowi ketika memberikan sambutan pada Upacara Peringatan ke-70 Hari TNI Tahun 2015 di Dermaga PT Indah Kiat, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Untuk itu, kata Jokowi, TNI harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat. Sehingga, TNI tidak boleh melupakan rakyat. TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat. TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat, serta harus selalu bersama-sama rakyat.

"Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam  menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara," ujar Presiden.

Menurut Jokowi, hanya bersama-sama rakyat, TNI akan menjadi kekuatan militer yang hebat. Militer yang disegani karena kekuatannya diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

“Selain itu, dalam darah TNI juga mengalir jati diri sebagi tentara pejuang,” ucap Jokowi.

Sebagai tentara pejuang, kata dia, TNI harus memiliki daya juang dan semangat pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Dengan semangat juang, TNI juga harus mampu menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman.

"TNI harus mampu menghadapi para penjajah sumber daya laut dan perikanan kita. TNI harus mampu menjaga wilayah perbatasan dan pulau-pulau terdepan kita," kata Jokowi. (ase)

Ahok Ungkap Alasan Jokowi Sindir Keuangan Daerah
Ilustrasi formulir pajak

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Sudah jadi budaya di Indonesia."

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016