Jokowi Janjikan Kesejahteraan TNI

Presiden Jokowi saat dinobatkan sebagai warga kehormatan TNI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo menjanjikan kesejahteraan bagi para prajurit TNI. Hal ini disampaikan Jokowi dalam Hari Ulang Tahun TNI yang ke-70, hari ini, Senin, 5 Oktober 2015.

HUT ke-70, Reformasi TNI Masih Belum Tuntas

Jokowi sadar, TNI yang terdidik dan terlatih tidak akan menjadi kekuatan yang efektif apabila prajurit dan keluarganya tidak sejahtera. “Untuk itu, negara akan benar-benar memastikan adanya penghormatan yang layak bagi para prajurit TNI,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan, pemerintah akan memberikan perhatian pada prajurit TNI yang bertugas di kawasan perbatasan, pulau-pulau terdepan, serta di kawasan terisolir. Tak hanya itu, untuk membangun kekuatan pertahanan yang tangguh diperlukan pembangunan karakter pejuang dalam diri prajurit TNI dan revolusi mental untuk membangun prajurit yang profesional.

PDIP: Kesatupaduan 3 Matra TNI Harus Semakin Kokoh

“Saya minta kepada seluruh Prajurit TNI untuk terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiap-siagaan di manapun kalian berada dan bertugas,” ujarnya.

Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah penyiapan kualifikasi komando, mekanisme persediaan logistik dalam operasi militer dan non-militer, sinergitas antar korps dan antarinstansi, serta kualifikasi keterampilan melaksanakan operasi.

VIDEO: Aksi Spektakuler Kendaraan Amfibi TNI

Di awal sambutannya, Jokowi yang didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyampaikan secara khusus, ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada anggota TNI yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, wilayah terpencil dan pulau-pulau terdepan. Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi anggota TNI yang bertugas di luar negeri sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian, serta para prajurit TNI yang saat ini bahu membahu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan.

Menapaki usia yang ke-70 tahun, kata Jokowi, TNI bisa menggunakan momentum ini untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

“Untuk itu, saya mengapresiasi tema HUT TNI ke 70, yaitu Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian."

Tampak hadir mendampingi Presiden, Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan para Kepala Staf Angkatan. Turut hadir pula, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, para menteri anggota Kabinet Kerja, dan Duta Besar negara-negara sahabat‎.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya