Masih Ritual, 11 Orang Tak Mau Turun dari Gunung Lawu

Hutan Gunung Lawu terbakar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA.co.id - Tim SAR gabungan kembali mengevakusi tujuh pendaki yang terjebak kebakaran di Gunung Lawu. Dengan dievakuasinya tujuh pendaki ini, diperkirakan masih ada 11 orang lagi yang masih terjebak di hutan gunung tersebut.

Menikmati Liburan di Situs Candi Lereng Gunung Lawu

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinvi Jawa Timur Sudarmawan mengatakan, sampai hari ini setidaknya ada tujuh pendaki sudah berhasil dievakuasi dan berada di Posko Cemoro Kandang.‎

"Saat ini tersisa 11 orang. Delapan pendaki dan 3 pedagang yang berada di kawasan puncak Gunung Lawu," kata Sudarmawan, Rabu 21 Oktober 2015.

Menurut Sudarmawan, posisi para pendaki yang belum turun ini berada di titik aman dari lokasi kebakaran hutan. Namun, upaya antisipasi terus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Keselamatan pendaki harus menjadi prioritas. Mereka tetap akan didekati agar mau turun ke posko yang lebih aman," katanya.

Iwan Fals Ikut Acara Tanam Pohon di Gunung Lawu

Beberapa pendaki yang bersedia turun itu berasal dari Jawa Tengah yakni Boyolali, Surakarta dan Solo. Kemungkinan meraka yang tidak mau turun karena belum selesai melakukan ritual di kawasan gunung tersebut.

"Pendekatan terus dilakukan agar mereka mau turun bersama dengan pendaki lainnya," ujar Sudarmawan.

Tujuh pendaki yang dievakuasi:

Keluarga Korban Gunung Lawu Merasa Dipermainkan Perhutani

1. Sujono (40) warga Magelang.

2. Hadi Legiyo (18) warga Magelang.

3. Agustinus Sino (48) warga Wanogiri.

4. Siswanto (25) warga Porwodadi.

5. Muhammad Hanung (34) warga Boyolali.

6. Kakung Dul (40) asal Solo

7. Agung (38) asal Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya