Sehari, Bali Diguncang Gempa Tiga Kali

Ilustrasi gempa
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
147 Rumah di Dompu Rusak Akibat Gempa
- Dalam waktu satu hari, Pulau Bali diguncang gempa tiga kali. Meski dengan kekuatan kecil, namun pusat kegempaan berada di barat laut Bangli.

Gempa 5,6 SR Guncang Dompu, NTB

Gempa pertama berkekuatan 3,9 SR dirasakan pada pukul 01.36.WITA. Pusat gempa berada di 8.20 LS,115.21 BT, 15 kilometer barat laut Bangli dengan kedalaman 15 kilometer.
Gempa Susulan Melanda Jepang, Warga Mengungsi


Gempa kedua dengan kekuatan 3,4 SR terjadi pada pukul 13.12 WITA. Pusat gempa berada di 8.19 LS, 115.23 BT atau di 14 kilometer barat laut Bangli dengan kedalaman 10 kilometer.


Gempa ketiga dengan kekuatan 3,6 SR terjadi tujuh menit kemudian yakni pada pukul 13.19 WITA. Pusat gempanya berada di 8.20 LS, 115.22 BT atau di 14 kilometer Barat Laut Bangli dengan kedalaman 10 kilometer.


Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG Wilayah III Denpasar, I Wayan Suardana, menjelaskan, gempa di Bangli tidak terjadi secara lokal. "Itu terjadi karena patahan. Tapi, itu sifatnya lokal. Kalau gempa yang besar itu berada di utara dan selatan Bali," kata Suardana kepada
VIVA.co.id,
Rabu 9 Desember 2015.


Menurut dia, di bawah kulit bumi di Kabupaten Bangli terdapat tebing yang tengah mengalami longsor. "Tidak membahayakan. Tapi, kita imbau masyarakat tetap waspada mengantisipasi," ucapnya.


Menurut dia, gempa dengan skala kecil lebih baik dilepaskan perlahan ketimbang gempa dengan kekuatan besar sekaligus. "Itu kan baik. Kecil-kecil kekuatannya dilepaskan daripada sekaligus dilepaskan dengan kekuatan besar," tutup dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya