Angka Korban Tewas Kecelakaan di Indonesia

Acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2015.
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/Mitra Angelia.

VIVA.co.id - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo menyatakan bahwa sebanyak 186 ribu anak di dunia meninggal akibat kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu, Kemenhub mengimbau kepada seluruh instansi, baik pemerintah ataupun swasta, serta para pengusaha untuk peduli akan keselamatan berlalu lintas.

"Jadi, di Pekan Keselaman Nasional ini kita ingatkan jika banyak anak yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Data WHO menunjukkan bahwa lebih dari 186 ribu anak-anak meninggal di dunia akibat kecelakaan lalu lintas," ujar Sugihardjo saat acara puncak Pekan Keselamatan Jalan Nasional 2015, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Minggu, 13 Desember 2015.

Sementara itu, di Indonesia sendiri, data dari Korlantas Polri menyebut bahwa sebanyak 28 ribu orang meninggal akibat kecelakaan pada tahun 2014. Lalu 15 persen di antaranya adalah anak-anak.

Dalam acara puncak Pekan Keselamatan Jalan Nasional bertema Save Kids Lives ini diikuti sebanyak 1.500 pelajar SD, SMP dan SMA.

Disebutkan Sugihardjo, Kemenhub sejauh ini mengklaim telah melakukan beberapa langkah nyata terkait permasalahan keselamatan lalu lintas jalan bagi anak-anak.

Terpeleset, Bocah 4 Tahun Tewas di Wajan Penggorengan

Di antaranya Program ZSS (Zona Selamat Sekolah), Pogram RAAS (Rute Aman Selamat Sekolah), lalu penyusunan aturan untuk pembatasan kecepatan dan pembentukan KMSK (Komunitas Masyarakat Sadar Keselamatan). (ase)

Sopir Truk yang Tewaskan 10 Orang di Cianjur Jadi Tersangka

Tewaskan 10 Orang di Cianjur, Supir Truk Jadi Tersangka

Pengemudi itu tak memiliki SIM A dan muatan melebihi kapasitas.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016