Jelang Putusan MKD, Jokowi Singgung #PapaMintaSaham

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo kembali menyinggung soal meme #PapaMintaSaham. Itu dikatakan Presiden saat memberikan sambutan di acara Penyerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2015, di Istana Negara.

Merayakan Pekan Masyarakat Adat Selama Tiga Hari di Jakarta

Presiden Joko Widodo awalnya menyoroti perkembangan informasi yang begitu cepat. Jelas Presiden, walau ada sebuah informasi tidak diberitakan media mindstream seperti media cetak, namun informasi itu bisa ramai dibicarakan di media sosial.

Jokowi lantas menyinggung, sejumlah trending topic yang sempat ramai dibahas, terutama saat muncul dugaan pencatutan nama Presiden dan Wapres, untuk meminta saham PT Freeport medio November 2015.

Jokowi Minta Kepala Daerah Bentuk Tim Pengendalian Inflasi

Hingga akhirnya, kasus ini menyeret nama Ketua DPR Setya Novanto, sebagai orang yang disebut-sebut melakukan pencatutan itu. Bahkan di lini media massa, muncul meme dengan tanda pagar (tagar) #PapaMintaSaham.

"Detik ini bisa trending topic-nya mama minta pulsa, detik selanjutnya bisa berubah jadi papa minta yang lain," singgung Jokowi, Selasa, 15 Desember 2015.

Kasus Haris Azhar, Jokowi Diminta Turun Tangan

Sontak, pernyataan Jokowi ini membuat tawa peserta yang hadir di Istana Negara. Presiden mengatakan, saat ini hampir tidak ada lagi yang bisa ditutupi. Apalagi, ada hal-hal yang tidak baik, menurutnya sudah tidak bisa lagi ditutupi dengan model keterbukaan informasi seperti saat ini. 

"Sekarang ini era keterbukaan. Sangat sulit menutupi hal-hal, yang misalnya, yang enggak baik, ya enggak bisa lah," kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi mengimbau untuk tidak ada yang ditutupi. Dia meminta, untuk dibuka dan diinformasikan ke masyarakat apa adanya, semua yang terjadi.

"Dengarkan suara rakyat. Dengarkan suara publik. Dengarkan suara masyarakat. Respon secepatnya karena eranya seperti itu," kata Jokowi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya