Cerita Jokowi Soal 'Kemesraannya' dengan Tiongkok

Jokowi buka rapim TNI sebelumnya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id -
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
Awal kepemimpinan Presiden Jokowi pasca diambil sumpahnya oleh MPR pada 20 Oktober 2014, banyak pihak langsung menuding kedekatan Presiden dengan Tiongkok. Jokowi sendiri mengakui itu.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

Menghadiri rapat pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2016 di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Jokowi mengkisahkan perihal kedekatannya dengan negara pimpinan Xi Jinping itu.
Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi


"Pada awal-awal saya dilantik, melihat Indonesia akan saya bawa condong ke Tiongkok China, semua dunia melihat itu, di dalam negeri juga. Karena saya sudah ke Beijing dua kali dan belum pernah ke Amerika," kata Jokowi di hadapan 182 pejabat tinggi TNI, Rabu, 16 Desember 2015.


Namun, persepsi itu kembali berbeda, setelah dia datang ke Amerika Serikat bertemu Presiden Barrack Obama. Bahkan, dalam pertemuan itu Presiden Jokowi berkeinginan akan masuk ke Trans Pasific Partnership atau TPP yang digagas Amerika.


Namun, Jokowi mengatakan kalau dia mendekati Tiongkok bukan berarti Indonesia akan berkiblat ke negara yang masih menganut paham komunis tersebut. Begitu juga dengan cara dia, mendekati Amerika Serikat. Jokowi mengaku, apa yang dilakukan itu hanyalah untuk kepentingan nasional.


"Apapun strategi itu harus dihitung. Mana yang paling menguntungkan kepentingan nasional kita, tidak ada yang lain," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya