Erupsi Erotis Gunung Bromo Tetap Bisa Dinikmati

Gunung Bromo
Sumber :
  • ANTARA/Ari Bowo Sucipto
VIVA.co.id
Gunung Bromo Semburkan Abu Setinggi Satu Kilometer
- Keindahan alam Gunung Bromo masih dapat dinikmati meski gunung tersebut masih dalam status Siaga III. Meski pengunjungnya harus dibatasi, tapi wisatawan tidak perlu khawatir karena Gunung Bromo masih dapat dikunjungi.

Status Turun, Kaldera Bromo Dibuka untuk Wisatawan

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Ayu Dewi Utari, ada beberapa hal yang harus diketahui bagi wisatawan yang akan datang dan menikmati keindahan Gunung Bromo yang saat ini kondisinya sedang erupsi.
Bromo Semburkan Abu 1.000 Meter, Ganggu Liburan Imlek?


"Status Bromo saat ini tetap Siaga III, tremor fluktuatif meski  cenderung meningkat, abu vulkanik akhir-akhir ini mengarah ke timur, bahkan saya pantau sudah mencapai Bondowoso," katanya kepada
VIVA.co.id
, Sabtu 26 Desember 2015.


Tapi meski begitu, ada beberapa hal penting bagi wisatawan yang akan datang ke Gunung Bromo. Bahwa pintu masuk kawasan dibuka dari arah Cemaralawang, Mentigen, Wonokitri Pasuruan, Penanjakan.


"Jika ke Bromo tidak disarankan dari Malang, karena jalan ke caldera saat ini masih ditutup. Selain Malang, radius 3 KM dari kawah Insha Allah aman untuk dikunjungi," katanya.


Menurut Ayu Dewi, saat erupsi jumlah pengunjung memang jauh berkurang. Saat ini jumlah wisatawan per hari hanya 150 orang dari biasanya yang mencapai lebih dari 5.000 orang.


"Menuju laut pasir dipasang portal agar masyarakat tidak dapat masuk. Imbauan ini harus dipatuhi dan pengunjung tidak masuk kawasan caldera demi keselamatan dan keamanan," kata dia.


Ditambahkan Ayu Dwi, caldera Bromo saat ini memang tidak bisa dikunjungi, tapi tetap bisa dilihat dari jauh dan diganti dengan pemandangan erupsi bromo yang luar biasa.


"Saat ini telah disiapkan posko siaga Bromo di Cemaralawang, di samping kantor seksi 1 TNBTS. Petugas gabungan TNI, Polri, TNBTS, BPBD, PVMBG dan pemda tiap hari ada 50 orang yang berjaga," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya